Header Ads

Seberapa Besar Planet Saturnus?

Baca Juga

Saturnus. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Info Astronomy - Saat mengamati Saturnus lewat teleskop di Bumi, kita akan melihat planet berwarna emas kecokelatan ini tampak memiliki cincin yang cantik. Ia merupakan planet terbesar kedua di Tata Surya setelah Jupiter. Tapi, sebenarnya seberapa besar planet ini?

Terletak di area luar Sabuk Asteroid Utama, Saturnus merupakan satu dari empat planet raksasa di Tata Surya. Jupiter dan Saturnus disebut sebagai "raksasa gas" karena komposisinya yang kaya akan gas. Sementara planet Uranus dan Neptunus disebut sebagai "raksasa es" karena planet ini begitu dingin.

Kembali ke topik utama, mari kita cari tahu seberapa besar planet Saturnus!

Diameter

Pertama mari kita pertimbangkan seberapa besar Saturnus dari diameternya. Diameter area khatulistiwa Saturnus adalah sekitar 120.536 km, atau setara dengan hampir 9,5 kali diameter Bumi. Namun, ada perbedaan antara diameter khatulistiwa dengan diameter dari kutub ke kutub. Perbedaan ini disebabkan oleh rotasi Saturnus yang sangat cepat.

Diameter Saturnus dari kutub ke kutub sekitar 5.904 km lebih kecil daripada diameter khatulistiwanya. Akibatnya, radius kutub Saturnus adalah sekitar 108.728, atau setara dengan 8,5 kali radius Bumi. Itu adalah perbedaan yang cukup besar, dan Anda benar-benar dapat melihat bahwa Saturnus terlihat sedikit rata area kutubnya bagaikan buah jeruk Medan.

Sebagai perbandingan, diameter khatulistiwa Saturnus yang 9,4 kali lebih besar dari Bumi masih sekitar 84% diameter Jupiter saja.

Perbandingan Saturnus dengan Bumi. Kredit: NASA/JPL-Caltech

Volume dan Luas Permukaan

Dari segi volume dan luas permukaan, Saturnus memang bisa dibilang sebagai planet raksasa. Luas permukaan Saturnus diketahui sekitar 42,7 miliar km², atau sekitar 83,7 kali luas permukaan Bumi. Namun, luas permukaan Saturnus hanya 68,7% dari luas permukaan Jupiter. Meski begitu, Saturnus tetaplah planet yang besar!

Di sisi lain, Saturnus memiliki volume 827,13 triliun km³, yang secara berarti Anda bisa memasukkan kurang lebih 763 Bumi ditambah sekitar 20 Bulan ke dalam Saturnus. Sekali lagi, Jupiter mengalahkan Saturnus karena planet raksasa gas bercincin ini hanya memiliki volume sebesar 57,8% volume Jupiter.

Massa dan Kepadatan

Bagaimana dengan massa? Tentu saja, Saturnus jauh, jauh, JAUH lebih masif dari Bumi. Faktanya, massa Saturnus diperkirakan mencapai 568.360.000 triliun triliun kilogram, atau sekitar 95 kali massa Bumi dan sekitar 30% massa Jupiter.

Melihat angka-angka di atas, bagi Anda yang jeli mungkin akan memperhatikan bahwa angka-angka ini sepertinya sedikit salah. Bagaimana bisa kita memasukan sekitar 763 planet seukuran Bumi ke dalam Saturnus sementara massanya hanya 95 kali massa Bumi?

Jawabannya berkaitan dengan kepadatan (densitas). Karena Saturnus adalah planet raksasa gas, materi pada permukaannya kurang padat, tidak seperti planet berbatu.

Dibandingkan dengan Bumi yang memiliki densitas 5.514 gram/cm³, densitas Saturnus diketahui hanya 0,687 gram/cm³. Sama seperti semua planet raksasa gas, Saturnus sebagian besar terdiri dari gas-gas yang ada di bawah tekanan yang bervariasi.

Secara keseluruhan, densitas planet Saturnus lebih rendah dari densitas air yang mencapai 1 gram/cm³. Dengan kata lain, bila kita bisa memasukan Saturnus ke dalam kolam raksasa berisi air, maka Saturnus akan mengapung di atas permukaan airnya.

Intinya, Saturnus merupakan planet yang besar bila dibandingkan dengan planet seperti Bumi, namun ia juga merupakan planet yang kecil bila dibandingkan planet seperti Jupiter.


Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.