NASA Pamerkan Rover untuk Astronot yang Menjelajah Planet Mars

Wujud Mars Rover Concept. Kredit: NASA
Info Astronomy - Bila Anda pernah menonton film "The Martian" (2014), Anda tidak akan asing dengan rover yang sering dikendarai astronot Mark Watney. Baru-baru ini, NASA meluncurkan rover serupa dengan konsep yang berbeda.

NASA telah dianggap mengambil satu langkah maju dalam perjalanan ke Mars: sebuah konsep rover baru yang dirancang untuk para astronot Mars menjelajah Planet Merah lebih leluasa.

Konsep rover baru ini tingginya 3,3 meter, panjang 8,5 meter, dan lebar 4,3 meter. Rover ini juga dilengkapi enam rodanya yang sama tebal dan berdesain futuristik serta memiliki berat sekitar 2,7 ton. Tapi meskipun berat, rover baru ini diklaim bisa mencapai kecepatan hingga 110 km/jam, walaupun mungkin tidak akan melaju lebih cepat dari 24 km/jam di Mars nantinya.

Menurut NASA, rover ini juga dilengkapi "fitur sistem pendukung kehidupan, navigasi, sistem komunikasi, dan menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan kondisi dan sumber daya di Mars." Rover ini dirancang untuk bisa mengangkut hingga empat astronot pada waktu tertentu.

Yang menarik, rover ini juga dilengkapi dengan laboratorium yang bisa dilepas dan dipasang sesuai kebutuhan. Rover ini juga bisa digunakan dengan tenaga surya, maka dari itu NASA menyematkan sebuah baterai tenaga surya berkapasitas 700 volt.

Meskipun rover ini mungkin tidak akan diproduksi dalam waktu dekat, beberapa bagian atau instrumen ilmiah dari rover baru ini akan digunakan untuk rover robotik masa depan yang dikirim ke Planet Merah lebih dulu sebelum manusia mendarat di sana.

Satu hal yang pasti. Hadirnya konsep rover ini menunjukkan bahwa para ilmuwan NASA dengan cermat mempertimbangkan bagaimana manusia bisa bergerak dan menjelajah Mars dengan mudah. Ini membuat umat manusia selangkah lebih dekat untuk benar-benar mencapai Planet Merah.

Sumber: Kennedy Space Center, CBC.