10 Planet Seukuran Bumi di Zona Habitasi Ditemukan

Ilustrasi. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Info Astronomy - Sekelompok astronom dengan menggunakan Teleskop Antariksa Kepler baru-baru ini telah berhasil mengolah data akhir dari misi utama Kepler dan menemukan 10 planet ekstrasurya baru seukuran Bumi yang berada di zona laik huni bintang induk mereka.

Katalog planet terakhir dari Kepler ini mencakup 219 kandidat planet ekstrasurya. Data ini diperoleh dari misi Kepler yang berlangsung selama empat tahun terakhir dengan memandangi sebagian kecil wilayah langit yang dikenal sebagai area Cygnus. Waktu pengamatan yang lama ini memungkinkan Kepler menemukan beberapa planet yang serupa dengan Bumi, bahkan dengan ukuran dan orbit yang serupa.

"Kumpulan data Kepler ini sangat unik, karena merupakan satu-satunya yang memiliki data populasi planet-planet serupa dengan Bumi, baik dalam ukuran dan orbitnya dalam mengitari bintang induknya," kata Mario Perez, ilmuwan program Kepler di Divisi Astrofisika NASA. "Memahami populasi planet asing di galaksi akan membantu merancang misi NASA masa depan untuk menuju Bumi lain."

Jumlah total kandidat planet ekstrasurya yang sejauh ini dideteksi Teleskop Antariksa Kepler telah mencapai 4.034, dengan 2.335 di antaranya telah diverifikasi keberadaannya. Dari jumlah tersebut, sekitar 49 planet berukuran mirip Bumi dan berada di zona habitasi (laik huni) bintang induknya.

Dalam daftar katalog planet mirip Bumi ini, mungkin yang paling menarik adalah planet yang disebut sebagai "7711". Planet ini diketahui berukuran sekitar 1,3 kali lipat lebih besar dari Bumi, namun mengorbit bintang serupa Matahari pada jarak yang sama dengan jarak Bumi ke Matahari.

Dari data ini, disinyalir planet 7711 mendapatkan jumlah energi dari bintang induknya yang sama dengan energi yang diterima Bumi dari Matahari. Teleskop masa depan seperti James Webb Space Telescope (JWST) dapat memungkinkan kita untuk mempelajari planet seperti 7711 ini secara lebih rinci.

Dengan rilis data ini, misi utama Kepler sekarang efektif berakhir. Kini Teleskop Antariksa Kepler sedang melakukan misi kedua, yang disebut K2, yang juga merupakan misi mengamati sepetak area langit namun dalam periode waktu yang lebih singkat.

Dengan data akhir dari Kepler ini, para ilmuwan sekarang berharap pada suatu hari mungkin bisa menemukan planet yang benar-benar persis seperti Bumi kita, atau bahkan yang memiliki kehidupan di dalamnya.

"Katalog yang diteliti dengan cermat ini adalah dasar untuk menjawab secara langsung salah satu pertanyaan astronomi yang paling mendasar: seberapa banyak planet yang mirip Bumi kita di galaksi Bimasakti?" kata Susan Thompson, seorang ilmuwan riset Kepler di SETI Institute, California, AS.

Untuk melihat daftar katalog planet asing yang telah ditemukan Kepler, silakan klik di sini.

Sumber: NASA, Phys.org.