Header Ads

VIDEO: Meteor Eta Akuarid Melesat di Langit Gunung Bromo

Citra komposit meteor terang (kiri) di langit Gunung Bromo. Kredit: Justin Ng/justinngphoto.com
Info Astronomy - Pada 6 Mei 2017 kemarin, hujan meteor Eta Akuarid yang berasal dari debris Komet Halley mencapai puncaknya. Hujan meteor yang bisa disaksikan di seluruh dunia itu juga sempat mampir di langit Indonesia, tepatnya di atas Gunung Bromo.

Momen melesatnya meteor terang pada puncak hujan meteor Eta Akuarid berhasil diabadikan oleh astrofotografer asal Singapura, Justin Ng. Ia menulis di blog pribadinya kalau, "Baru kembali ke Gunung Bromo dan kondisi langit sangat menantang untuk perjalanan kali ini."

Justin mengatakan, cuaca pada puncak hujan meteor Eta Akuarid di Gunung Bromo sempat berawan. "Aplikasi astronomi saya memprakirakan bahwa malam itu akan menjadi malam yang mendung dan malam keduanya menjadi malam yang terburuk."

Ia, menurut info dari blognya, memulai pemotretan langit mulai pukul 2 dini hari tanggal 6 Mei karena kondisi cuaca yang tidak menentu dan adanya Bulan yang cukup terang. Sekitar pukul 4.16 dini hari, sebuah meteor Eta Akuarid yang terang menembus awan dan meninggalkan jejak asap merah.

Penasaran seperti apa meteor terangnya? Tonton videonya berikut ini:


Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.