Mengapa Polaris Tak Berpindah Padahal Bumi Berevolusi?

Bintang Polaris yang diam sementara bintang lainnya bergerak memutar. Kredit: Bob King
Info Astronomy - Tahukah Anda apa itu Polaris? Polaris merupakan sebuah bintang yang berada tepat di atas kutub utara Bumi. Sehingga bila dilihat, saat bintang-bintang lain bergerak memutar karena rotasi Bumi, Polaris satu-satunya bintang yang diam saja.

Tapi mengapa Polaris diam saja padahal katanya Bumi berevolusi (bergerak mengelilingi Matahari), dan bersama dengan Matahari bergerak mengelilingi pusat galaksi Bimasakti? Bukankah seharusnya Polaris berpindah-pindah tempat dan tidak diam saja?

Jawabannya begitu sederhana: bintang Polaris berjarak atau terletak terlalu jauh dari Bumi kita sehingga gerakannya akibat revolusi Bumi tidak mungkin dilihat dengan mata kita yang terbatas.

Jarak Bumi ke Polaris sudah dihitung dengan sangat telili oleh para astronom, hasilnya yang didapat adalah 434 tahun cahaya, atau sekitar 27,4 juta AU, di mana 1 AU adalah jarak dari Matahari ke Bumi (150 juta kilometer).

Dengan hasil perhitungan jarak Bumi dengan Polaris ini, kita dapat menghitung pula bahwa gerak revolusi Bumi terhadap Matahari lebih dari satu tahun hanya bisa menyebabkan pergeseran yang sangat kecil pada posisi bintang Polaris di langit kutub utara. Sudut pergeseran itu adalah 2/27.400.000 radian = 0,0000042 derajat.

Ilustrasi bagaimana sumbu rotasi Bumi tidak berubah dalam revolusi terhadap Matahari. Kredit: Wikimedia Commons
Ditambah lagi, sumbu rotasi Bumi pada dasarnya tidak berubah saat Bumi bergerak mengelilingi Matahari setiap tahunnya. Sumbu rotasi ini menunjuk ke tempat yang sama di langit, yang sangat dekat dengan Polaris. Sumbu putaran Bumi telah bergerak lebih dari ribuan tahun, namun pergerakan dari tahun ke tahun terlalu kecil untuk kita lihat tanpa teleskop.

Semua bintang di galaksi Bimasakti pun sebenarnya bergerak mengelilingi pusat galaksi. Sebagian besar bergerak dengan kecepatan yang berbeda dari Matahari kita, dan kadang juga dalam arah yang berbeda. Namun, ruang angkasa begitu luas sehingga kita sangat sulit melihat gerakan bintang seperti itu, yang disebut "Proper Motion".

Sekarang izinkan saya menjelaskan sebuah fakta yang mengejutkan; Polaris tak selamanya menjadi bintang kutub. Karena revolusi Bumi, ada sekitar 9 bintang yang bisa menjadi bintang kutub di masa depan untuk menggantikan Polaris.

Namun, pergantian antara satu bintang dengan bintang lain sebagai bintang kutub tidak terjadi setahun atau dua tahunan saja, melainkan perlu ribuan tahun. Pada tahun 3000 SM, bintang Thuban adalah bintang kutub utara, dan sekarang digantikan oleh Polaris.

Pada saatnya nanti, sekitar tahun 5200 M, bintang Gamma Cephei akan menjadi bintang kutub yang menggantikan Polaris. Jadi, semua bintang bergerak tapi periode waktu mereka sangat besar dibandingkan dengan rentang kehidupan manusia. Sadarlah, kita hanya makhluk yang kecil di alam semesta yang luas.

Sumber: Quora, EarthSky.