Header Ads

Menanti Peluncuran Teleskop Antariksa James Webb

Baca Juga

Ilustrasi Teleskop Antariksa James Webb. Kredit: NASA
Info Astronomy - Teleskop Antariksa James Webb saat ini memang masih menyelesaikan serangkaian tes untuk memastikan semuanya berjalan baik. Direncanakan untuk meluncur tahun depan, seperti apa tugas dan kelebihan teleskop antariksa ini?

Yang pasti, Teleskop Antariksa James Weeb ditujukan untuk menjadi penerus Teleskop Antariksa Hubble. Teleskop Antariksa James Webb dilengkapi dengan cermin emas besar yang terbagi dalam 18 segmen berbentuk heksagonal, yang mana dirancang untuk menangkap cahaya inframerah dari galaksi pertama yang terbentuk di alam semesta awal.

Dengan diameter cermin yang mencapai 6,5 meter ditambah empat intrumen khusus untuk pengamatan yang jauh dari Bumi, Teleskop Antariksa James Webb bakal mengorbit pada titik Lagrangian 2 dari Bumi, atau pada jarak sekitar 1,5 juta kilometer dari Bumi.

Kombinasi fitur-fitur yang dimiliki Teleskop Antariksa James Webb dipastikan membuat sang teleskop bakal mampu menghasilkan resolusi dan sensitivitas gambar yang belum pernah ada sebelumnya, membuatnya bisa digunakan untuk 2 tujuan utama: mempelajari kelahiran dan evolusi galaksi, serta mempelajari pembentukan bintang dan planet.

Cermin utama Teleskop Antariksa James Webb yang selebar 6,5 meter. Kredit: NASA
Cermin utama Teleskop Antariksa James Webb butuh berbulan-bulan lamanya untuk dipasang seluruhnya, ini disebabkan cermin-cermin tersebut sangat sensitif. Cermin juga dilapisi emas, yang nantinya akan mampu memfokuskan cahaya dari alam semesta yang jauh ke cermin sekunder dan kemudian diolah pada instrumen khusus.

Dengan panjang sekitar 22 meter, Teleskop Antariksa James Webb memiliki ukuran hampir sebesar lapangan tennis. Dengan kata lain, teleskop ini memiliki ukuran dua kali lebih besar dari Teleskop Antariksa Hubble, menjadikannya teleskop luar angkasa terbesar yang pernah diluncurkan umat manusia.

Tak hanya itu, Teleskop Antariksa James Webb juga diklaim akan memiliki kapasitas mengumpulkan cahaya 70 kali lebih banyak dibandingkan Teleskop Antariksa Hubble. Kombinasi ukuran cermin yang besar dan kemampuan inframerah yang mumpuni akan membuat Teleskop Antariksa James Webb mampu mengamati atmosfer planet asing yang jauh hingga masa lalu alam semesta.

Resolusi sudut dari Teleskop Antariksa James Webb sangat tajam dan presisi. Teleskop ini dapat melihat pada resolusi 0,1 detik busur, yang berarti ia bisa melihat koin 500 rupiah dari jarak 40 kilometer jauhnya atau menonton pertandingan sepak bola dari jarak 550 kilometer jauhnya.

Dengan Teleskop Antariksa Hubble yang bakal segera pensiun, Teleskop Antariksa James Webb siap untuk menjadi suksesornya dan membantu kita belajar tentang alam semesta. Teleskop Antariksa James Webb akan membuat kita melihat alam semesta tidak seperti sebelumnya.

Perbandingan Teleskop Antariksa James Webb vs Hubble. Kredit: Space-e.com, Pockn

Sumber: Space.com, NASA.

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.