Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

2028, Stasiun Luar Angkasa Baru Bakal Mengitari Mars

Pada tahun 2028 mendatang, sebuah stasiun luar angkasa baru akan diluncurkan untuk mengitari planet Mars. Hal ini dilakukan sebagai langkah awal untuk ekspedisi manusia ke permukaan Mars. Nantinya, para astronot di stasiun luar angkasa baru tersebut untuk meneliti Mars dari orbitnya.
Konsep stasiun luar angkasa yang akan mengitari Planet Merah. Kredit: Lockheed Martin
Info Astronomy - Pada tahun 2028 mendatang, sebuah stasiun luar angkasa baru akan diluncurkan untuk mengitari planet Mars. Hal ini dilakukan sebagai langkah awal untuk ekspedisi manusia ke permukaan Mars. Nantinya, para astronot di stasiun luar angkasa baru tersebut bakal meneliti Mars dari orbitnya.

Misi ini diprakarsai oleh Lockheed Martin, perusahaan produsen pesawat. Stasiun luar angkasa baru buatan Lockheed Martin yang dinamai sebagai Mars Base Camp diklaim nantinya mampu menampung enam orang astronot. Mars Base Camp dirancang untuk mampu memperkuat pengumpulan citra dan data ilmiah dari beberapa situs permukaan Mars selama setahun penuh.

Stasiun luar angkasa Mars Base Camp ini nantinya bisa membantu mengidentifikasi di mana lokasi pendaratan terbaik bagi manusia untuk mulai mengeksplorasi permukaan Mars. Para astronot di Mars Base Camp nantinya juga bisa menggunakan virtual reality, teknologi immersive, dan kecerdasan buatan untuk mendorong penelitian di orbit Mars secara real-time.

Para astronot di Mars Base Camp nantinya juga bisa berinteraksi secara virtual dengan robot penjelajah yang berada di permukaan Mars menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh Lockheed Martin bersama Collaborative Human Immersive Laboratory.

Instrumen teknologi tinggi lainnya yang nanti bisa membantu eksplorasi permukaan Mars dari orbitnya juga termasuk robot kecil yang membawa sensor untuk diterjunkan ke permukaan Mars. Robot kecil tersebut akan bertugas mengumpulkan sampel tanah Mars.

Misi Lockheed Martin ini juga bekerja sama dengan NASA. Lembaga antariksa Amerika Serikat itu akan membangun sebuah kapsul antariksa bernama Orion.

Nantinya, akan ada dua kapsul antariksa Orion yang terintegrasi dengan Mars Base Camp. Para astronot tidak akan mendarat di Planet Merah karena kapsul antariksa Orion tidak dirancang untuk lepas landas lagi setelah telah mendarat. Atmosfer Mars juga terlalu tipis untuk pendaratan kapsul antariksa Orion.

Tapi walaupun para astronot tidak akan mendarat, Mars Base Camp akan menjadi langkah besar bagi misi manusia dalam menjelahi alam semesta.


Sumber: Lockheed Martin, Popular Science.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.