Mengapa Kita Tidak Melihat Adanya Satelit di Setiap Foto Bumi?

Bumi dipotret oleh satelit DSCVR. Kredit: NASA/DSCVR
Info Astronomy - Katanya, ada ribuan satelit yang mengorbit Bumi kita, belum lagi jumlah sampah antariksa yang tak terhitung jumlahnya. Tapi, di setiap foto Bumi yang dirilis oleh lembaga-lembaga antariksa, mengapa tidak melihat satupun satelit yang mengorbit Bumi? Berikut akan kami coba jelaskan.

Faktanya, ruang di atas planet kita semakin ramai dengan satelit dan sampah antariksa, bahkan saat ini cukup mengkhawatirkan mengingat jumlahnya yang amat banyak. Setidaknya, ada sekitar 4.256 satelit buatan manusia yang mengorbit Bumi, dimana sekitar 1.149 di antaranya masih aktif.

Perlu diketahui juga bahwa satelit-satelit yang mengorbit Bumi tidak berukuran besar seperti yang banyak dibayangkan orang-orang awam. Sebagian besar dari satelit ini berukuran cukup kecil, mulai dari 10 cm hingga 30 meter.

Foto-foto "kenampakan" satelit di bawah ini hanyalah ilustrasi untuk menggambarkan bahwa "Ini lho kondisi di sekitar Bumi kita, ada banyak satelit." dengan skala yang diabaikan. Ukuran satelit pada ilustrasi di bawah ini diperbesar agar kita mengerti maksud dari ilustrasinya:

Kredit foto: NASA Orbital Debris Program Office
Mengapa tak satupun satelit tersebut terlihat pada foto Bumi seperti yang muncul di atas artikel ini? Jawabannya cukup sederhana, ini karena Bumi kita sangat, sangat, sangat besar. Sayangnya, segelintir orang tidak percaya bahwa Bumi kita besar, mereka umumnya cenderung meremehkan besarnya Bumi kita dan menganggap dirinyalah yang paling besar.

Padahal, saking besarnya Bumi, hal ini membuat satelit-satelit buatan manusia menjadi terlalu kecil untuk bisa dilihat dalam setiap foto Bumi yang dipotret satelit lainnya.

Mari kita ambil contoh Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), yang merupakan objek buatan manusia terbesar saat ini yang berada di orbit Bumi. ISS memiliki luas permukaan sekitar 2.500 meter persegi atau 0,0025 km persegi, yang hampir sama dengan ukuran sebuah apartemen 6 kamar tidur.

Sementara itu, luas permukaan Bumi adalah 510.100.000 km persegi. Mari sekarang kita hitung berapa banyak ISS yang kita perlukan untuk benar-benar bisa menutupi seluruh permukaan Bumi dengan menerapkan aritmatika sederhana:
Dari perhitungan sederhana di atas, kita bisa tahu bahwa ternyata butuh sekitar 204 miliar lebih ISS untuk dapat menutupi seluruh permukaan planet kita. Masih belum bisa membayangkan berapa besar ukuran Bumi dibandingkan ISS? Lihat gambar ini:

Ilustrasi perbandingan diameter Bumi dengan ISS. Kredit: ScienceABC
Ditambah lagi, sebagian besar foto Bumi kita sejauh ini hanya memiliki resolusi beberapa ribu piksel. Dengan begitu, satelit-satelit kecil yang mengorbit Bumi kita ini hanya akan menjadi sebagian kecil dari piksel sehingga tak terlihat dalam foto.

Analoginya adalah sama seperti saat kita mencoba memotret gambar seluruh tubuh teman kita, maka hasil fotonya tidak akan menunjukkan sejumlah besar bakteri dan kuman yang hidup di tubuh teman kita, bukan?

Jadi, bukan lembaga-lembaga antariksa dunia yang tukang bohong tentang keberadaan satelit, tapi lebih tepat dikatakan bahwa kita terlalu sombong untuk mengakui besarnya Bumi kita, sampai-sampai menanyakan "mana lengkungannya?".

Untuk membuktikan keberadaan satelit, kita sebenarnya bisa melihat satelit-satelit tersebut melintasi langit daerah rumah kita. Cukup kunjungi situs web Heavens-above.com, lalu pilih satelit mana yang ingin kita lihat. Jangan lupa atur lokasi pengamatan terlebih dahulu. Nantinya, akan keluar jadwal melintasnya satelit yang kita ingin lihat tersebut. Seeing is believing, right?


Mengapa Kita Tidak Melihat Adanya Satelit di Setiap Foto Bumi? Mengapa Kita Tidak Melihat Adanya Satelit di Setiap Foto Bumi? Reviewed by Riza Miftah Muharram on Maret 30, 2017 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!