Header Ads

Mengapa Matahari dan Bulan Tampak Besar Saat di Dekat Cakrawala?

Baca Juga

Matahari dan Bulan yang tampak besar di dekat cakrawala. Kredit: Pexels.com
Info Astronomy - Ketika sedang mengamati Matahari atau Bulan yang sedang terbit atau terbenam, Anda mungkin akan menemui Matahari atau Bulan yang terlihat besar. Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Faktanya, hal tersebut hanya ilusi saja. Diameter Bulan saat berada di cakrawala ataupun saat sudah berada tinggi menggantung di langit sebenarnya sama besar. Ilusi ini disebut sebagai Ilusi Ponzo.

Contoh salah satu ilusi Ponzo yang paling sederhana adalah saat kita melihat dua garis horizontal di mana satu garis ada di atas dan satunya lagi di bawah (lihat gambar di bawah). Dua garis horizontal tersebut berada di antara dua garis vertikal yang miring dan berdekatan. Otak Anda akan menganggap garis horizontal bagian atas akan terlihat lebih panjang dari garis yang berada di bawah, meskipun sebenarnya sama panjang.

Ilusi Ponzo
Ilusi ini terjadi karena otak kita semacam terkecoh. Dua garis vertikal miring membuat kita berpikir bahwa apapun yang ada di dekat bagian atas berarti lebih jauh. Faktanya, dua garis horizontal adalah sama panjang, namun otak kita berpikir garis yang di atas terletak lebih jauh. Jika itu yang lebih jauh, maka garis yang di atas haruslah lebih besar daripada yang di bawah.

Ilusi inilah yang terjadi ketika kita mengamati Matahari ataupun Bulan saat mereka masih berada di dekat cakrawala. Otak kita berpikir bahwa arah cakrawala lebih jauh daripada titik kulminasi (langit atas kepala). Karena itulah kita akan melihat seolah Matahari atau Bulan yang tadinya besar di cakrawala lambat laun akan mengecil saat posisinya semakin tinggi di langit Bumi.

Ketika Matahari atau Bulan berada di cakrawala, otak kita juga seolah membandingkan ukuran Matahari dan Bulan dengan objek di latar depannya, seperti pohon, bangunan, pulau, pegunungan, sampai burung-burung yang sedang terbang.

Anehnya, ketika Matahari atau Bulan masih berada di cakrawala, kedua benda langit ini sebenarnya terletak lebih jauh dari kita daripada saat mereka berada di atas kepala kita. Memang, selisihnya tidak terlalu besar, hanya beberapa ribu kilometer. Perhatikan ilustrasi di bawah ini:

Matahari/Bulan yang terletak lebih jauh saat masih di cakrawala. Kredit: Phil Plait
Orang yang berada di atas bola Bumi dalam gambar di atas melihat Matahari atau Bulan saat masih di cakrawala, sementara orang yang berada di sisi kanan bola Bumi melihat Matahari atau Bulan saat sudah di atas kepala. Di sini kita dapat melihat bahwa jaraknya tidak sama (garis merah): Matahari atau Bulan ternyata terletak lebih dekat kepada orang yang melihatnya di atas kepala.

Jadi, membesarnya Matahari atau Bulan saat masih di dekat cakrawala bukan disebabkan oleh pembiasan di atmosfer karena pembiasan tersebut hanya akan membuat Matahari atau Bulan terlihat tidak bulat sempurna alias sedikit gepeng yang justru membuat kedua benda langit ini mengecil.


Sumber: Discovermagazine.com

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.