Header Ads

Apakah Pola Rasi Bintang Bisa Berubah-ubah?

Baca Juga

Rasi bintang. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Saat ini diketahui total ada 88 rasi bintang resmi di langit Bumi. Anda mungkin pernah bertanya-tanya apakah rasi bintang bisa berubah bentuk? Untuk menjawab ini, mari pertama kita cari tahu dulu tentang apa itu rasi bintang.

Ketika kita menengok ke langit malam, kita dapat melihat bintang-bintang bersinar dari yang terang hingga yang redup. Kita pun tahu bahwa bintang-bintang tersebut adalah matahari-matahari yang lain yang berada pada jarak yang sangat jauh dari Bumi kita maupun dari satu sama lain.

Para astronom sejauh ini telah memiliki beberapa metode untuk mengetahui jarak ke bintang-bintang, tetapi dalam pandangan mata kita, semua bintang tetap terlihat seolah-olah mereka hanya titik-titik cahaya pada jarak yang sama.

Sebagai contoh, planet Mars diketahui berjarak sekitar 55 juta km, puluhan juta kali lebih dekat ke Bumi dari jarak bintang merah Antares. Walau Mars lebih dekat, tetapi Anda pasti akan melihat kedua benda ini dengan tampilan yang hampir mirip di langit; titik merah terang.

Lalu, mengapa ada rasi bintang? Pola rasi bintang dibuat oleh para pengamat langit kuno, tanpa adanya manfaat dari pemahaman modern tentang sifat bintang dan luar angkasa. Para pengamat ini hanya melihat pola-pola yang dibentuk pada bintang-bintang di langit dan berpikir pola tersebut mungkin merupakan simbol yang penting.

Masing-masing budaya di Bumi juga memiliki nama tersendiri bagi rasi-rasi bintang yang berbeda dengan budaya lain. Namun, rasi bintang yang kini kita kenal kebanyakan diciptakan oleh orang-orang yang tinggal di Mediterania dan Timur Tengah pada masa lalu.

Para masa lalu, Mediterania dan Timur Tengah menjadi pusat peradaban maju yang mengedepankan ilmu pengetahuan, salah satunya astronomi. Orang-orang di sana banyak mencatat hal-hal apa saja yang menyangkut tentang langit dan Bumi.

Merekalah yang menciptakan pola-pola rasi bintang, lalu orang-orang Yunani yang mengorganisir pola-pola tersebut hingga bertahan sampai saat ini.

Apakah Rasi Bintang Berubah?

Sederhananya, jika bintang tidak berubah, maka sebuah rasi bintang pun tidak akan berubah. Namun bintang, termasuk Matahari, berada dalam orbit masing-masing dalam mengelilingi pusat galaksi Bimasakti. Itu artinya posisi bintang bisa berubah seiring waktu.

Bintang-bintang pada dasarnya bergerak dengan kecepatan yang fantastis, tapi karena mereka berjarak begitu jauh dari Bumi, maka dibutuhkan waktu yang lama agar gerakan mereka bisa terlihat oleh kita.

Begitu pula dengan mengapa rasi bintang tidak berubah-ubah padahal katanya Bumi berputar mengelilingi Matahari dan pusat galaksi? Karena jarak mereka yang begitu jauh. Lebih jauh dari yang kita bayangkan saat ini.

Bahkan bintang tercepat masih membutuhkan waktu lama untuk dapat terlihat gerakannya oleh kita di Bumi. Bintang tersebut bernama Bintang Barnard. Untuk dapat terlihat berubah posisi selebar diameter sudut Bulan Purnama, bintang ini akan memakan waktu sekitar 180 tahun.

Dengan begitu, jawaban dari pertanyaan di atas adalah; setiap rasi bintang pasti berubah bentuk, tapi melihat perubahannya akan membutuhkan kesabaran super!

Jika saja usia kita bisa bertahan lama, kita dapat menemukan bahwa pola rasi bintang yang kita lihat di langit hari ini akan berubah sepenuhnya di masa depan. Rasi bintang Ursa Mayor misalnya, yang memiliki asterisma Big Dipper, dalam 50.000 tahun mendatang akan berubah bentuk dari yang kini mirip biduk lambat laun akan berubah mirip berudu.

Jadi, pada intinya, rasi bintang yang kita lihat saat ini mungkin akan sangat berbeda dengan rasi bintang yang anak cucu kita akan amati di masa yang akan datang. Namun yang pasti, satu-satunya cara untuk mempelajari bintang adalah dengan mengamatinya secara langsung, bukan nonton satu atau dua video saja.

Sumber: KQed Science, Seeker.com, Cornell University.

Diberdayakan oleh Blogger.