Planet Mars Mulai Membentuk Sistem Cincinnya

Mars. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Info Astronomy - Sekelompok astronom dari Physical Research Laboratory di India baru-baru ini telah mempelajari data yang dikirim oleh wahana antariksa Mars Atmosphere and Volatile Evolution (MAVEN) milik NASA dan menemukan bukti adanya sistem cincin yang sedang terbentuk mengitari Mars.

Seperti yang kita tahu, di Tata Surya hanya planet-planet Jovian saja yang memiliki cincin, dengan Saturnus yang memiliki cincin termegah. Tapi dalam makalah penelitian yang diterbitkan di jurnal Icarus, astronom Jayesh Pabari dan P. J. Bhalodi menggambarkan data adanya debu yang mengelilingi Mars yang mungkin suatu hari akan menumpuk menjadi cincin melingkari Planet Merah.

Para ilmuwan telah berspekulasi selama bertahun-tahun bahwa suatu hari (20 sampai 70 juta tahun dari sekarang), Mars akan memiliki cincin di sekitar ekuatornya yang mirip dengan cincin Saturnus. Cincin ini akan terbentuk dari salah satu satelit alami milik Mars, Fobos, yang sedang di ambang kehancuran.

Dilansir Phys.org, para astronom menemukan keretakan pada Fobos. Keretakan tersebut disebabkan gravitasi Mars yang terus menarik Fobos mendekat ke permukaannya setiap tahunnya. Berdasarkan studi yang dilakukan Benjamin Black, peneliti dari Universitas Berkeley, dan rekannya Tushar Mittal, daya tarik ini terus menekan Fobos dengan tekanan tidal, sampai akhirnya memecahkan Fobos.

Pecahan-pecahan ini akan terperangkap di luar planet Mars dan akan mengelilinginya dengan membentuk sistem cincin. Kejadian ini pula yang diperkirakan menjadi penyebab munculnya cincin Saturnus, Jupiter, Uranus, dan Neptunus yang masing-masing memiliki sistem cincin khasnya.

Dan sekarang, proses pembentukan cincin Mars mungkin sudah dimulai. Dalam penelitian terbaru ini, para astronom menemukan bukti data dari wahana antariksa MAVEN yang menunjukkan setidaknya beberapa dari debu yang mengelilingi planet Mars ini berasal dari Fobos.

Data dari MAVEN sudah menunjukkan bahwa ada awan debu yang mengelilingi Mars, tetapi masih belum jelas seberapa besar partikel tersebut.

Fobos sendiri memang berjarak sangat dekat dengan Mars, hanya 6.000 kilometer, dengan pergerakan mendekat 2 meter setiap 100 tahun. Kehancuran fisik Fobos diperkirakan akan berlangsung dalam hitungan hari hingga minggu. Pecahan cincin pertama akan terbentuk dalam 20 juta tahun mendatang. Cincin planet sendiri akan bertahan 1 hingga 100 juta tahun sebelum menghilang.

Info lebih lanjut: J.P. Pabari et al, Estimation of micrometeorites and satellite dust flux surrounding Mars in the light of MAVEN results, Icarus (2017). DOI: 10.1016/j.icarus.2017.01.023