Header Ads

Mengapa Tak Ada Gerhana Setiap Bulan Purnama dan Bulan Baru?

Gerhana Matahari dan Bulan. Kredit: Luc Viatour, Fred Espenak
Info Astronomy - Gerhana Bulan terjadi saat Bumi, Matahari dan Bulan selaras di bidang orbitnya, dengan Bumi berada di tengah. Sementara gerhana Matahari terjadi pada fase Bulan Baru, ketika Bulan lewat di antara Matahari dan Bumi. Tapi mengapa tak ada gerhana pada setiap Bulan Purnama dan Bulan Baru?

Dilansir EarthSky.org, Bulan membutuhkan waktu sekitar satu bulan kalender untuk mengorbit Bumi. Jika Bulan mengorbit pada bidang yang sama atau lurus dengan ekliptika (bidang orbit Bumi), maka kita bisa melihat dua gerhana setiap bulan kalender.

Dengan kata lain, bakal ada peristiwa gerhana Bulan total pada setiap fase Bulan Purnama, lalu dua pekan kemudian, akan ada gerhana Matahari total di fase Bulan Baru. Jadi, akan ada total minimal 24 gerhana setiap tahun!

Tapi, sayangnya orbit Bulan cenderung miring sekitar 5 derajat terhadap bidang orbit Bumi. Sehingga dalam 1 bulan kalender, belum tentu posisi Bulan bisa sejajar dengan Bumi dan Matahari, karena orbit Bulan yang miring 5 derajat tadi. Maka hanya akan terjadi setidaknya 2 gerhana selama Bumi mengorbit Matahari, singkatnya jika orbit Bulan miring 5 derajat maka akan ada 2 garis potong yang sama.

Saya menyukai analogi astronom Dave Kornreich dari Universitas Negeri Humbolt, AS tentang hal ini. Kornreich menganalogikan jika menggambar menggambar Bumi yang mengorbit Matahari di selembar kertas, maka kita tidak akan bisa secara akurat menggambar orbit Bulan pada lembar kertas yang sama.

Kemiringan bidang orbit Bulan akan membuat Bulan bisa berada di atas kertas, dan bisa juga berada di bawah lembar kertas itu. Hanya ketika Bulan melintasi bidang orbit Bumi (pada selembar kertas tadi) gerhana akan terjadi.

Sekadar tambahan, gerhana Matahari dan Bulan juga selalu terjadi berpasangan, satu gerhana menyusul gerhana lainnya dalam jangka waktu dua minggu. Sebagai contoh, gerhana Bulan penumbra akan terjadi pada 11 Februari 2017 nanti akan diikuti oleh gerhana Matahari cincin pada 26 Februari 2017.

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.