Header Ads

Mengapa Galaksi Bertabrakan di Alam Semesta yang Mengembang?

Baca Juga

Galaksi NGC 4038 yang bertabrakan dengan galaksi NGC 4039. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Gambar ini merupakan hasil jepretan Teleskop Antariksa Hubble dari Galaksi Antennae, sebuah tabrakan antara galaksi NGC 4038 dengan NGC 4039. Tapi, mengapa galaksi bisa tabrakan padahal katanya alam semesta itu mengembang?

Faktanya, galaksi-galaksi yang bertabrakan di alam semesta mengembang merupakan peristiwa alami, meskipun banyak yang mungkin masih bingung tentang hal itu. Secara logika, jika alam semesta mengembang, maka galaksi-galaksi seharusnya saling menjauh, kan?

Pada tahun 1929, Edwin Hubble, seorang astronom di Institut Teknologi California, membuat penemuan penting yang langsung mengarah ke jawaban ilmiah untuk pertanyaan-pertanyaan seperti apakah alam semesta akan ada selamanya? Apakah alam semesta memiliki titik di suatu tempat? Dan seperti apakah alam semesta di masa lalu? Edwin Hubble menemukan bahwa alam semesta mengembang.

Bukti dari mengembangnya alam semesta adalah, ketika kita mengamati galaksi jauh, kita akan menemukan bahwa mereka saling menjauh satu sama lain. Pengamatan itu pun juga menyiratkan bahwa alam semesta di masa lalu lebih kecil daripada sekarang.

Namun, mengapa sampai ada galaksi yang tabrakan? Apa yang terjadi sebenarnya adalah adanya pertempuran antara kekuatan gravitasi antara dua galaksi (yang saling tarik-menarik satu sama lain) dan mengembangnya alam semesta (yang berusaha untuk memisahkan dua galaksi tersebut).

Kekuatan gravitasi antara dua galaksi ini bisa membuat keduanya berada cukup dekat satu sama lain. Dan saat itu terjadi, kekuatan gravitasi antara kedua galaksi lah yang menang, sehingga pada akhirnya kedua galaksi tadi akan bertabrakan.

Hal ini pula yang sedang terjadi pada galaksi kita, Bimasakti dengan galaksi spiral tetangga, Andromeda. Gravitasi antara galaksi kita dengan Andromeda memenangkan pertarungan "tarik tambang" melawan pengembangan alam semesta, sehingga sekitar 5 miliar tahun lagi keduanya akan bertabrakan.

Sumber: curious.astro.cornell.edu