Jumat Dini Hari, Sebuah Asteroid Bakal Melintas di Antara Orbit Bumi-Bulan

Ilustrasi. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Info Astronomy - Sebogkah asteroid bakal lintas dekat Bumi lagi, setelah terakhir kali Bumi dilalui asteroid 2017 BX tanggal 25 Januari 2017. Kali ini, asteroid yang dimaksud bernama 2017 BS32, sebuah batu luar angkasa yang berukuran 11-24 meter. Kapan tepatnya dan seberapa jauh jaraknya dari Bumi?

Dilansir Watchers.News, asteroid 2017 BS32 akan terbang lintas dekat Bumi pada tanggal 3 Februari 2017 pukul 03:27 WIB dalam jarak 0,41 LD (Lunar Distance), atau sekitar 161.280 km (60% lebih dekat dari Bulan) dari permukaan Bumi pada kecepatan sekitar 11,56 km.

Asteroid yang masuk kelompok asteroid Aten ini ditemukan pada 30 Januari 2017 oleh observatorium Pan-STARRS 1, Haleakala, Hawaii. Kelompok asteroid Aten merupakan asteroid yang berada di dalam orbit Bumi.

Magnitudo asteroid ini saat berada di jarak terdekat dengan Bumi diperkirakan mencapai +13,6, sehingga cukup sulit untuk diamati dengan mata telanjang. Untungnya, kemungkinan asteroid ini untuk menabrak Bumi cukup kecil. Meski begitu, Bumi tetap sangat rentan terhadap serangan asteroid.

Kabar baiknya, Observatorium Slooh akan melalukan siaran langsung dari melintasnya asteroid 2017 BS32 ini, yang dapat Anda tonton melalui situs web Slooh.com.