Saran pencarian

Bisakah Kita Bermain Sepak Bola di Bulan?

Bayangkan jika di masa depan nanti manusia sudah memiliki basis di Bulan, lalu dibentuk pula tim sepak bola penduduk Bulan di sana. Pertanyaannya, bisakah melakukan pertandingan sepak bola di Bulan? Akankah nantinya ada pertadingan Manchester United kontra Moon City di sana?
Ilustrasi, bukan foto pendaratan di Bulan. Kredit: Getty Images
Info Astronomy - Bayangkan jika di masa depan nanti manusia sudah memiliki basis di Bulan, lalu dibentuk pula tim sepak bola penduduk Bulan di sana. Pertanyaannya, bisakah melakukan pertandingan sepak bola di Bulan? Akankah nantinya ada pertadingan Manchester United kontra Moon City di sana?

Jawabannya, dilansir DW Science, bisa. Walaupun nantinya sepak bola di Bulan akan memiliki aturan yang berbeda dengan sepak bola di Bumi. Ditambah lagi, peluit wasit tak akan terdengar karena suara tidak bisa merambat di ruang hampa. Entah bagaimana nanti peluit kick off ataupun offside dilakukan.

Bulan yang hanya memiliki seperenam gravitasi Bumi akan memiliki efek yang luar biasa. Misalnya, jika bola terlalu melambung tinggi, mencapai ketinggian 50 meter misalnya, bola akan butuh waktu cukup lama untuk kembali jatuh ke permukaan. Gravitasi Bulan yang lebih rendah juga akan membuat pemain bisa melompat lebih tinggi saat menerima umpan lambung.

Lapangan sepak bola di Bulan mungkin juga akan lebih kecil, karena berlari di Bulan akan sangat menyulitkan dan pastinya akan merepotkan bagi pertahanan tim jika diserang tim lawan. Yang menarik, seluruh tim akan memakai jersey yang dilengkapi dengan tekanan, membuat bergerak sedikit lebih sulit.

Ketika bola menyentuh ke permukaan debu Bulan yang tebal setelah melambung tinggi, banyak energi yang akan hilang, sehingga efek memantulnya bola di Bulan akan sangat berbeda dibandingkan dengan memantulnya pada rumput lapangan sepak bola di Bumi. Para pemain juga akan sangat sulit untuk menggiring bola di Bulan.

Intinya, bermain sepak bola di Bulan akan menjadi hiburan tersendiri dan berbeda dengan sepak bola di Bumi jika benar-benar terealisasi.

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.