17 Planet Kerdil di Tata Surya Resmi Memiliki Nama Baru

Ilustrasi. Kredit: Shutterstock
Info Astronomy - Baru-baru ini, 17 planet kerdil di Tata Surya akhirnya memiliki nama; tiga nama berasal dari Amerika (Meksiko, Amerika Serikat, Kanada), enam nama dari Asia (Suriah, Jepang, Thailand), enam dari Eropa (Prancis, Italia, Belanda, Spanyol, Swiss), satu dari Maroko, dan satu dari Australia.

Nama-nama ini diresmikan International Astronomical Union (IAU) dalam kompetisi bertajuk "NameExoWorld" pada tahun 2015. Kompetisi tersebut memberikan kesempatan bagi publik untuk mengajukan nama bagi planet ekstrasurya dan bintang induknya.

Dari kompetisi ini, 14 bintang induk dan 31 planet ekstrasurya juga akhirnya mendapatkan nama-nama resmi baru yang dipilih oleh publik dan diterima oleh IAU. Nama-nama ini menjadi sebutan resmi yang akan digunakan dalam penelitian-penelitian ilmiah ke depannya.

Sebagai hadiah untuk para pemenang kompetisi "NameExoWorld," IAU memberi kesempatan pemenang untuk menamai planet-planet kerdil di Tata Surya kita. 17 nama yang disetujui IAU diambil dari nama-nama astronom, guru besar, penulis, penyair, dan penari teater, serta nama dan lokasi dari organisasi astronomi.

"IAU sangat senang melihat keterlibatan astronom amatir dan masyarakat umum dalam penamaan planet-planet asing yang baru ditemukan," kata Piero Benvenuti, sekjen IAU, dalam sebuah pernyataan yang dilansir IFLScience.com.

"Kami juga senang sekarang para pemberi nama planet-planet asing dihargai dengan hadiah 'langit', hadiah yang selamanya akan berada di langit! Keberhasilan kompetisi ini merangsang IAU untuk mengusulkan kompetisi terbuka serupa di masa mendatang," tambah Benvenuti.

Semua pemenang kompetisi "NameExoWorld" akan menerima plakat dan dua sertifikat atas kontribusi mereka terhadap nomenklatur di dunia astronomi.

Bagi Anda yang ingin mengetahui 17 nama planet kerdil yang baru diresmikan IAU lengkap dengan arti di balik namanya, silakan unduh makalah publikasinya di sini.