Mengenal Gugus Galaksi, Kumpulan dari Puluhan Galaksi

Gugus galaksi Abell 1689. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Alam semesta dipenuhi oleh berbagai struktur besar. Bintang dikumpulkan bersama menjadi galaksi, galaksi dikumpulkan menjadi grup galaksi, dan grup-grup galaksi dikumpulkan bersama menjadi gugus galaksi. Apa itu gugus galaksi? Mari pelajari lebih jauh.

Galaksi Bimasakti kita sendiri adalah bagian dari grup galaksi yang disebut Grup Lokal. Grup Lokal memiliki anggota sekitar 50 galaksi; yang sebagian besar galaksi kerdil. Galaksi Bimasakti, Andromeda dan Triangulum adalah tiga galaksi spiral besar di Grup Lokal.

Pada skala yang lebih besar, Grup Lokal merupakan bagian dari sebuah gugus galaksi yang disebut Gugus Galaksi Virgo yang berisi hingga 2000 galaksi dari berbagai macam grup galaksi. Pusat Gugus Galaksi Virgo terletak sekitar 59 juta tahun cahaya di konstelasi Virgo.

Gugus Galaksi Virgo ini memiliki massa sekitar 1,5 kuadriliun kali massa Matahari. Salah satu galaksi yang terbesar dan paling terang di Gugus Galaksi Virgo adalah galaksi raksasa elips Messier 87, yang teletak pada jarak 16,4 juta parsek (atau sekitar 53,4 tahun cahaya) dari Bumi.

Sebuah gugus galaksi terdiri dari puluhan grup galaksi. Grup-grup galaksi tersebut jika digabungkan menjadi gugus galaksi bisa mencapai angka ribuan galaksi. Seluruh galaksi pada gugus galaksi ini saling terikat oleh gaya tarik gravitasi.

Gugus galaksi biasanya bisa berisi 50-1000 galaksi, dan memiliki massa total antara 100 triliun hingga 1 kuadriliun massa matahari, serta bisa membentang hingga jarak 30 juta tahun cahaya lebarnya.

Yang lebih besar lagi dari gugus galaksi ternyata masih ada, yakni supergugus galaksi. Supergugus benar-benar merupakan struktur terbesar di alam semesta. Supergugus memiliki jutaan anggota galaksi dari berbagai gugus galaksi dan bisa membentang hingga jarak lebih dari 100 juta tahun cahaya lebarnya.

Gugus Galaksi Virgo sendiri berada di Supergugus Galaksi Laniakea. Supergugus tempat Bumi berada ini dipastikan keberadaannya pada September 2014 ketika sekelompok astronom yang diketuai R. Brent Tully dari Universitas Hawaii menciptakan cara baru menentukan supergugus galaksi sesuai kecepatan relatif galaksi.

Supergugus terdekat dengan Laniakea adalah Supergugus Galaksi Shapley, Supergugus Galaksi Hercules, Supergugus Galaksi Coma, dan Supergugus Galaksi Perseus-Pisces. Nama Laniakea berarti "langit mahaluas" dalam bahasa Hawaii yang terdiri dari kata "lani" (langit) dan "akea" (luas atau sangat luas).

Nama ini disarankan oleh Nawa'a Napoleon, dosen pembantu jurusan bahasa Hawaii di Kapiolani Community College. Nama ini diberikan untuk menghormati para penjelajah Polinesia yang memanfaatkan pengetahuan langit mereka saat menjelajahi Samudra Pasifik.

Mengetahui di mana Bumi berada di alam semesta ini begitu penting. Jika nanti di masa depan manusia sudah bisa menjelajahi semesta, maka kita bisa menyebut alamat Bumi seperti berikut: Bumi, Tata Surya, Galaksi Bimasakti, Grup Lokal, Gugus Galaksi Virgo, Supergugus Galaksi Laniakea.

Sumber: Astronomy Notes, Space.
Mengenal Gugus Galaksi, Kumpulan dari Puluhan Galaksi Mengenal Gugus Galaksi, Kumpulan dari Puluhan Galaksi Reviewed by Riza Miftah Muharram on Oktober 25, 2017 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!