Saran pencarian

Teleskop Antariksa Hubble Jepret Momen Tabrakan Dua Galaksi

Di pelosok alam semesta, sepasang galaksi sedang mengalami penggabungan menjadi galaksi raksasa akibat tabrakan antara keduanya. Dalam citra yang dipotret Teleskop Antariksa Hubble ini, suatu benturan keras antara dua galaksi sedang terjadi dalam gerakan lambat.
Tabrakan galaksi IRAS 14348-1447. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Di pelosok alam semesta, sepasang galaksi sedang mengalami penggabungan menjadi galaksi raksasa akibat tabrakan antara keduanya. Dalam citra yang dipotret Teleskop Antariksa Hubble ini, suatu benturan keras antara dua galaksi sedang terjadi dalam gerakan lambat.

Galaksi yang bertabrakan ini dikenal sebagai IRAS 14348-1447, ditemukan oleh Infrared Astronomical Satellite (IRAS) beberapa tahun lalu. Terletak lebih dari satu miliar tahun cahaya dari Bumi, IRAS 14348-1447 dikenal sebagai galaksi berluminositas tinggi dalam cahaya inframerah.

Benda langit ini memancarkan hampir 95 persen energi inframerah. IRAS 14348-1447 diketahui kaya akan gas, yang sejumlah besar gasnya merupakan molekul yang mengandung emisi. Diperkirakan, dua galaksi spiral yang sedang bertabrakan ini akan bergabung menjadi galaksi elips raksasa dalam beberapa miliar tahun ke depan.

Galaksi ini bisa bertabrakan karena pada awalnya kedua galaksi berada terlalu dekat satu sama lain. Gerakan menjauhnya kedua galaksi akibat pemuaian alam semesta masih kalah besar dibandingkan gerakan akibat interaksi gravitasi antara kedua galaksi tersebut yang berdekatan sebelumnya.

Interaksi gravitasi antara galaksi satu dengan galaksi lainnya dalam peristiwa tabrakan ini sebelumnya jauh lebih besar dibanding gerakan menjauhnya kedua galaksi akibat pemuaian alam semesta.

Tabrakan galaksi adalah hal yang lumrah terjadi di alam semesta. Bahkan sekitar 5 miliar tahun dari sekarang, galaksi Bimasakti dan galaksi Andromeda akan bertabrakan, lalu menyatu menjadi galaksi elips raksasa.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.