HARI INI 1959: Luna 1 Menuju Bulan

Wahana antariksa Luna 1. Kredit: Wikimedia Commons
Info Astronomy - Luna 1, dikenal juga sebagai Mechta (Мечта) adalah sebuah wahana antariksa pertama yang mencapai daerah dekat Bulan, merupakan misi pertama dari Program Luna milik Uni Soviet. Luna 1 diluncurkan tepat hari ini 58 tahun yang lalu, 2 Januari 1959.

Saat melintasi bagian luar sabuk radiasi Van Allen, sintilator wahana mengamati adanya sejumlah kecil partikel subatom berenergi tinggi. Pengukuran ini memberikan data baru mengenai sabuk radiasi Bumi dan luar angkasa.

Wahana ini juga menemukan bahwa Bulan tidak memiliki medan magnet, juga untuk pertama kalinya melakukan pengamatan langsung mengenai keberadaan angin surya, aliran kuat plasma yang berasal dari Matahari menuju ruang antar planet. Wahana tersebut juga menjadi contoh pertama komunikasi radio yang dilakukan pada jarak setengah juta kilometer.

Sebuah kegagalan pada sistem kontrol landas-bumi menyebabkan kesalahan waktu pembakaran roket, sehingga wahana kehilangan tujuannya dan melintasi Bulan pada jarak terdekat 5.900 km. Luna 1 kemudian menjadi benda buatan manusia pertama yang mencapai orbit heliosentrik dan kemudian dijuluki "planet baru" dan dinamai ulang sebagai Mechta. Orbitnya terletak antara Bumi dan Mars. Nama "Luna-1" disematkan kembali setelah bertahun-tahun kemudian.

Luna 1 diluncurkan pada 2 Januari 1959 pukul 23:41 WIB (19:41 waktu Moskwa) dari Kosmodrom Baikonur menggunakan roket Luna 8K72. Luna 1 awalnya direncanakan untuk menabrak Bulan mengirimkan dua panji logam lambang negara Soviet yang disertakan dalam paket, namun hal tersebut gagal dilakukan.

Luna 1 menjadi objek buatan manusia pertama yang mencapai kecepatan lepas Bumi, yaitu saat ia terpisah dari roket tahap tiga peluncurnya. Pada 3 Januari, 03:56:20 waktu Moskwa, pada jarak 119.500 km dari Bumi, sejumlah 1 kg awan gas sodium dilepaskan, membuat wahana ini menjadi komet buatan pertama.

Jejak gas yang berpendar oranye kala itu dapat dilihat di atas Lautan Hindia dengan kecerlangan seperti bintang bermagnitudo enam selama beberapa menit. Pelepasan gas tersebut dilakukan sebagai percobaan perilaku gas di luar angkasa.