Header Ads

Bulan Purnama Pertama Tahun 2017 Muncul Malam Ini

Bermain dengan Bulan. Kredit: Laurent Lavender
Info Astronomy - Bulan akan masuk fase penuh atau Bulan Purnama malam ini, 12 Januari 2017. Ini merupakan Bulan Purnama pertama tahun 2017, dan tepat sebulan menjelang fenomena gerhana Bulan penumbra.

Pada saat masuk fase Bulan Purnama, Bulan bakal terletak hampir tepat di seberang Matahari di langit Bumi. Hal tersebut akan membuat Bulan bisa terlihat sepanjang malam, dari Matahari terbenam senja ini hingga keesokan hari menjelang Matahari terbit.

Bulan sendiri secara teknis mencapai fase penuh pukul 18:34 WIB senja ini (12/1), di mana saat itu Bulan akan tampak besar karena masih berada di sekitaran cakrawala timur. Karena Bumi berotasi, Bulan akan bergerak semu ke barat sepanjang malam.

Menariknya, semua fase Bulan Purnama sepanjang tahun ini memiliki julukan, yang diberikan oleh suku-suku asli Amerika yang tinggal di timur dan utara Amerika Serikat sejak zaman dahulu. Untuk Bulan Purnama Januari 2017 dijuluki sebagai "Wolf Moon."

Di fase Bulan Purnama malam ini, satu-satunya satelit alami Bumi kita ini akan terletak pada deklinasi +18°13' di konstelasi Gemini. Jaraknya dari Bumi akan sekitar 366.000 km.

Gerhana Bulan Penumbra

Sekitar sebulan lagi, atau tepatnya pada 11 Februari 2017, Bulan Purnama akan masuk ke bayangan penumbra Bumi. Hal ini akan menciptakan fenomena langit berupa gerhana Bulan penumbra. Jika pada peristiwa gerhana Bulan total kita melihat Bulan berubah warna dari putih kekuningan menjadi merah darah saat melewati bayangan pusat Bumi (umbra), maka lain halnya pada peristiwa gerhana Bulan penumbra.

Sinar Matahari yang menyinari Bulan Purnama pada 11 Februari 2017 nanti hanya terhalang oleh bayangan luar Bumi (disebut penumbra), sehingga Bulan tidak akan terlihat memerah. Alih-alih memerah, rona Bulan justru tidak akan terlihat seperti sedang terjadi gerhana. Perbedaan wajah Bulan saat gerhana Bulan penumbra cukup sulit diamati, terlebih jika Anda tidak sering mengamati Bulan.

Sayangnya, gerhana ini tidak akan terlihat di Indonesia karena Bulan sudah berada di bawah cakrawala barat pada saat puncak gerhana terjadi. Gerhana ini akan berlangsung dari 05:35 sampai 09:54 WIB, dan puncak gerhana akan terjadi pada pukul 07:45 WIB.

Selamat observasi Bulan Purnama!

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.