Apa Galaksi Terdekat dengan Galaksi Bimasakti?

Galaksi Bimasakti di California, AS. Kredit: Baldur Tryggvason
Info Astronomy - Galaksi Bimasakti bukan satu-satunya galaksi di alam semesta. Galaksi kita merupakan bagian dari gugus galaksi bernama Grup Lokal, yang terdiri dari 54 galaksi. Dengan kata lain, galaksi kita memiliki banyak tetangga, tapi siapakah tetangga terdekatnya?

Dari 54 galaksi di Grup Lokal, sebagian besar orang mungkin menganggap bahwa galaksi Andromeda lah yang terdekat Bimasakti. Tapi sebenarnya, Andromeda bukanlah tetangga terdekat Bimasakti, Andomeda hanyalah galaksi spiral terdekat Bimasakti. Lalu apa galaksi yang terdekat?

Saat ini, galaksi terdekat Bimasakti adalah galaksi kerdil Canis Major. Galaksi kerdil tetangga ini berjarak sekitar 25.000 tahun cahaya dari Tata Surya kita, dan sekitar 42.000 tahun cahaya dari pusat galaksi Bimasakti.

Namun begitu, galaksi kerdil Canis Major ini sama sekali tidak mirip dengan Bimasakti. Selain karena memiliki sedikit bintang, Canis Major juga tidak berbentuk seperti galaksi pada umumnya, melainkan berupa lingkaran cincin yang mengelilingi Bimasakti.

Ilustrasi interaksi antara Bimasakti dengan galaksi kerdil Canis Major. Kredit: R. Ibata/NASA/2MASS
Para astronom menyatakan bahwa galaksi kerdil Canis Major sedang dalam proses pemisahan diri akibat adanya medan gravitasi yang lebih besar dari galaksi Bimasakti. Bagian utama dari galaksi kerdil ini sudah sangat tercabik-cabik, sebuah proses yang akan terus terjadi karena galaksi kerdil Canis Major berada terlalu dekat dengan Bimasakti.

Di masa mendatang nanti, proses akresi ini kemungkinan akan berujung dengan galaksi kerdil Canis Major yang sepenuhnya bergabung dengan Bimasakti, sehingga ia bakal menambahkan sekitar 1 miliar bintang baru menjadi bagian dari 200-400 miliar bintang lainnya yang telah menjadi bagian dari galaksi kita.
Apa Galaksi Terdekat dengan Galaksi Bimasakti? Apa Galaksi Terdekat dengan Galaksi Bimasakti? Reviewed by Riza Miftah Muharram on Januari 04, 2017 Rating: 5