Header Ads

Warna-warni Nebula Lobster, Pabrik Bintang di Bimasakti

Nebula Lobster. Kredit: NASA/Chandra
Info Astronomy - Jauh dari Bumi di konstelasi Scorpius, terdapat sebuah nebula yang dijuluki Nebula Lobster. Nebula tersebut merupakan salah satu pabrik pembentukan bintang di galaksi Bimasakti.

Citra komposit di atas berasal dari data sinar-X dari NASA Chandra X-ray Observatory serta data inframerah dan optik dari beberapa teleskop berbasis darat lainnya. Juga dikenal sebagai Nebula Perang dan Perdamaian, nebula ini dikatalogkan sebagai NGC 6357.

NGC 6357 terletak sekitar 5.500 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Uniknya, NGC 6357 merupakan 'gugusnya gugus.' Hal tersebut disebabkan karena nebula ini merupakan rumah bagi setidaknya tiga gugus bintang muda. Itulah yang membuat para astronom menyebut NGC 6357 sebagai daerah HII.

Sebuah daerah HII terbentuk ketika radiasi dari panas bintang-bintang muda di dalamnya membentuk awan hidrogen terionisasi. Data sinar-X dari Chandra X-ray Observatory mengungkapkan adanya ratusan sumber sinar-X yang merupakan bintang muda di NGC 6357, serta adanya penyebaran emisi sinar-X dari gas panas di nebula tersebut.

Jadi, jika Anda ingin tahu bagaimana bintang-bintang di galaksi Bimasakti terbentuk, mereka banyak terbentuk dari daerah-daerah seperti Nebula Lobster yang warna-warni ini.

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.

Diberdayakan oleh Blogger.