Supergugus Galaksi Raksasa Ditemukan di Dekat Bimasakti

Sekelompok astronom dari Universitas Nasional Australia (UNA) berhasil menemukan adanya salah satu dari supergugus galaksi terbesar di alam semesta yang berada di dekat galaksi dekat Bimasakti.
Citra inframerah letak supergugus galaksi Vela. Kredit: UNA
Info Astronomy - Sekelompok astronom dari Universitas Nasional Australia (UNA) berhasil menemukan adanya salah satu dari supergugus galaksi terbesar di alam semesta yang berada di dekat galaksi Bimasakti.

Profesor Matthew Colless yang memimpin penemuan ini mengatakan, supergugus galaksi yang dinamakan Vela ini belum pernah ditemukan sebelumnya karena disembunyikan oleh bintang-bintang dan debu di galaksi Bimasakti. Penemuannya berhasil dilakukan karena massa besar supergugus galaksi tersebut mempengaruhi gerak galaksi kita.

"Ini adalah salah satu supergugus galaksi terbesar di alam semesta, dan mungkin juga yang terbesar di lingkungan galaksi kita, tapi tentu masih perlu dikonfirmasi oleh studi lebih lanjut," kata Profesor Colless seperti dikutip dari Phys.org.

Supergugus galaksi sendiri merupakan struktur terbesar yang pernah diketahui di alam semesta. Struktur ini terdiri dari gugus galaksi yang minimal dapat mencapai lebar 200 juta tahun cahaya. Sementara gugus galaksi adalah kumpulan dari puluhan galaksi. Supergugus galaksi Vela diperkirakan berjarak sekitar 800 juta tahun cahaya dari Bumi.

Penelitian ini diterbitkan dalam Pemberitahuan Bulanan Royal Astronomical Society.