Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Planet Jupiter Ternyata Tidak Mengorbit Matahari

Tidak seperti anggota Tata Surya yang mengorbit atau berputar mengelilingi Matahari, planet Jupiter dan Matahari ternyata saling mengorbit satu sama lain. Atau dengan kata lain, planet Jupiter tidak mengorbit Matahari.
Ilustrasi. Kredit: Wikimedia Commons
Info Astronomy - Tidak seperti anggota Tata Surya yang mengorbit atau berputar mengelilingi Matahari, planet Jupiter dan Matahari ternyata saling mengorbit satu sama lain. Atau dengan kata lain, planet Jupiter tidak mengorbit Matahari.

Di alam semesta, objek yang lebih kecil selalu mengorbit objek yang lebih besar, tapi yang lebih kecil tidak mengorbit dalam lingkaran sempurna. Hal ini karena kedua objek bergantung pada pusat gabungan gravitasi.

Misalnya Bumi kita, pusat gravitasi di Matahari hampir persis di pusatnya, dengan planet kita yang secara signifikan lebih kecil, memiliki tarikan gravitasi jauh lebih lemah. Bila dibandingkan dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), yang mengorbit Bumi, pusat gravitasinya hampir persis di pusat Bumi.

Namun, Jupiter begitu besar, lebih besar dari apa yang sedang Anda bayangkan saat ini. Planet ini memiliki massa 2,5 kali lebih besar dari massa semua planet lain di Tata Surya jika digabungkan, sehingga pusat gravitasi bagi Jupiter di Matahari sedikit melenceng.

Bahkan, barycentre atau pusat massa antara kedua objek, antara Matahari dan Jupiter adalah 1,07 solar radii dari tengah Matahari, yang diterjemahkan sebagai tujuh persen dari radius Matahari dari atas permukaan bintang terdekat Bumi kita tersebut.

Seperti yang ditunjukkan gambar GIF di bawah, menggambarkan bahwa Jupiter dan Matahari benar-benar melakukan perjalanan melalui alam semesta bersama-sama, sedikit tarik-menarik satu sama lain, bukan lagi Jupiter yang mengelilingi Matahari.


Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.