Mengenal Simeis 147, Nebula Spageti

Makan siang apa hari ini? Mungkin Anda tertarik dengan spageti. Di alam semesta, ada banyak sekali objek-objek unik, salah satunya adalah nebula Simeis 147, sebuah nebula yang juga dijuluki sebagai Nebula Spageti karena bentuknya yang mirip mi khas Italia itu.
Nebula Simeis 147. Kredit: Nicolas Kizilian
Info Astronomy - Makan siang apa hari ini? Mungkin Anda tertarik dengan seporsi Nebula Spageti. Di alam semesta, ada banyak sekali objek-objek unik, salah satunya adalah nebula Simeis 147, sebuah nebula yang juga dijuluki sebagai Nebula Spageti karena bentuknya yang mirip mi khas Italia itu.

Simeis 147 yang juga dikenal sebagai SNR G180.0-01.7 atau Sharpless 2-240, merupakan sisa-sisa supernova yang masih berada di galaksi Bimasakti. Nebula unik ini terletak tepat berada di perbatasan antara rasi bintang Auriga dan Taurus.

Ditemukan oleh dua astronom bernama Grigori Abramovich Shajn dan V.T. Hase pada tahun 1952 di Observatorium Astrofisika Krimea menggunakan teleskop Schmidt-Cassegrain 25 inchi, nebula ini sayangnya sulit untuk diamati, terlebih dengan mata telanjang, karena kecerahannya yang sangat rendah (mag +6,5).

Nebula ini berukuran cukup besar dengan cangkang yang hampir berbentuk bulat dan terbuat dari filamen berwarna kemerahan. Di langit Bumi, nebula ini memiliki diameter sudut sekitar 3 derajat. Jaraknya dari Bumi diperkirakan sekitar 3.000 tahun cahaya, dan usianya diperkirakan masih muda, yakni sekitar 40.000 tahun.

Nebula Spageti diyakini terbentuk akibat adanya ledakan bintang neutron yang berputar cepat yang dikenal sebagai pulsar PSR J0538 + 2817. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya sisa bintang neutron yang masih tertinggal di inti nebula, yang memancarkan sinyal radio yang kuat.