Bintang Ini Terdeteksi Memakan Planet di Sekitarnya

Ilustrasi. Kredit: Gaby Perez
Info Astronomy - Baru-baru ini, sekelompok astronom telah berhasil menemukan dua kandidat planet ekstrasurya baru yang mengorbit sebuah bintang berjarak 300 tahun cahaya dari Bumi. Indikasi awal menunjukkan bahwa, bintang tersebut aktif memakan planet-planetnya.

Bintang bernama HIP 68468 tersebut merupakan kembaran Matahari, bintang ini mirip dengan Matahari kita dalam hal suhu, umur, dan komposisi. Tapi HIP 68468 juga memiliki perbedaan, yakni ia terlihat telah memakan dan menghancurkan salah satu planet yang mengorbitnya.

Adalah sekelompok tim astronom internasional yang dipimpin oleh Jorge Melendez di Universitas São Paulo di Brasil yang mempelajari 68.468 HIP menggunakan teleskop 3,6 meter di La Silla Observatory di Cile. Melendez dan rekan-rekannya pula lah yang mendeteksi dua kandidat planet baru yang mengorbitnya.

Dua planet tersebut, salah satunya adalah HIP 68468c, adalah sebuah planet Neptunus super, yang berarti planet ini berukuran lebih besar daripada planet Neptunus. HIP 68468c memiliki massa sekitar 50 persen lebih besar dari Neptunus, dan sekitar 26 kali massa Bumi.

Sementara satu planet lainnya bernama HIP 68468b, yang merupakan planet jenis Bumi super dengan massa lebih tinggi dari Bumi, tetapi lebih rendah dari Uranus dan Neptunus. Yang menarik adalah, planet ini merupakan Bumi super pertama yang ditemukan mengorbit kembaran Matahari.

Kembali lagi ke bintang HIP 68468, tim astronom internasional ini ternyata menemukan bahwa sang bintang memiliki kandungan lithium yang 4x lebih banyak dibanding bintang seusianya (yang masih 6 miliar tahun). Material lithium tersebut banyak ditemukan di atmofer bintang, yang diperkirakan berasal dari sebuah planet yang tertelan oleh bintang tersebut.

Lithium sendiri memang hanya ditemukan di planet berbatu seperti Bumi, walau diketahui lithium juga berasal dari radiasi kosmik. Tapi bukan berada di dalam sebuah bintang secara alami. Nah, adanya lithium pada atmosfer bintang inilah yang menjadi bukti bahwa bintang tersebut memakan planet.

Planet yang telah dimakan bintang HIP 68468 menariknya bukan HIP 68468b maupun HIP 68468c, melainkan satu planet lainnya yang dulu pernah mengorbit bersama-sama dua planet yang selamat tersebut. Planet yang tertelan bintang HIP 68468 disinyalir akibat planet tersebut mengorbit terlalu dekat.

Temuan ini telah dilaporkan dalam jurnal Astronomy & Astrophyscs.