Teleskop Antariksa Hubble Temukan Galaksi Kanibal

Galaksi lentikular NGC 1222. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Galaksi NGC 1222, yang terlihat pada gambar dalam artikel ini dipotret dengan instrumen Wide Field Camera 3 (WFC3) pada Teleskop Antariksa Hubble. NGC 1222 adalah sebuah galaksi lentikular, yang usut punya usut ternyata merupakan galaksi kanibal.

Sebagai jenis galaksi lentikular, NGC 1222 seharusnya memiliki bentuk yang terkesan "halus". Dan dengan bentuknya yang dapat dilihat di atas, tentu ia bukan galaksi lentikular biasa. Pengamatan lewat Hubble menunjukkan adanya aktivitas pembentukan bintang dalam skala besar pada galaksi ini, suatu peristiwa yang dikenal sebagai Starburst. Dari penelitian lanjutan, diketahuiah aktivitas Starburst ini disebabkan oleh fakta bahwa NGC 1222 ternyata tidak sendirian.

Galaksi NGC 1222 ini ternyata teramati bukan merupakan satu galaksi utuh, melainkan ada tiga galaksi sekaligus di sana, yang masing-masing dari galaksi tersebut juga memiliki inti pusat galaksi. Dari pengamatan inilah, para astronom berasumsi bahwa NGC 1222 saat ini sedang dalam proses menelan dua galaksi kerdil yang jauh lebih kecil dan malang.

Dua galaksi kerdil ini diperkirakan berada terlalu dekat dengan NGC 1222, sehingga ketiga galaksi saling bersenggolan. Karena NGC 1222 merupakan galaksi yang besar, ia pun lalu "memakan" dua galaksi kerdil tadi. Kemungkinan besar, aktivitas menelan galaksi kerdil inilah yang menjadi pemicu Starburst di NGC 1222.

Ternyata tidak hanya seorang teman saja yang bisa "makan" temannya sendiri, galaksi juga bisa memakan galaksi lainnya!
Teleskop Antariksa Hubble Temukan Galaksi Kanibal Teleskop Antariksa Hubble Temukan Galaksi Kanibal Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/10/2016 03:49:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.