HARI INI 2011: Robot Penjelajah Curiosity Meluncur ke Planet Merah

Roket ULA Atlas V yang mengangkut Curiosity meluncur, 26 November 2011. Kredit: NASA/ULA
Info Astronomy - Hari ini lima tahun yang lalu, roket Atlas V besutan United Launch Alliance sukses meluncurkan robot penjelajah Curiosity menuju Mars. Peluncuran bersejarah tersebut diikuti keberhasilan Curiosity mendarat di Planet Merah sembilan bulan setelahnya.

Robot penjelajah Curiosity didaratkan Lembaga Antariksa AS (NASA) ke Mars untuk mempelajari apakah pernah ada kehidupan mikroba di sana atau tidak. Robot yang kini telah menyelesaikan masa baktinya itu dilengkapi dengan instrumen sains, termasuk laser yang dapat memindai batu Mars untuk mengetahui elemen kandungannya.

Curiosity meluncur dari Cape Canaveral Air Force Station pukul 21:02 WIB tanggal 26 November 2011. Ia sukses mendarat di Mars pukul 11:54 WIB tanggal 6 Agustus 2012. Kala itu, sinyal yang mengkonfirmasi bahwa ia telah mendarat berada di dalam ceruk bernama Kawah Gale.

Tantangan Kolosal

Mendaratkan proyek eksplorasi seperti Curiosity ini dengan aman merupakan tantangan kolosal. Sebelum Curiosity, dua pertiga dari seluruh misi yang pernah dikirim ke Planet Merah selalu gagal, banyak yang hilang kontak saat berusaha menembus atmosfer Mars.

Tapi seperti biasanya, NASA memiliki kepercayaan diri yang besar bahwa strategi mendarat risiko tinggi rancangan mereka dapat mengantarkan Curiosity ke permukaan dengan aman. Strategi tersebut menggunakan serangkaian manuver otomatis untuk memperlambat jatuhnya si robot pada kecepatan 20.000 km/jam dari puncak atmosfer menjadi kurang dari 1m/detik saat mendarat.

Pada tahap terakhir rangkaian ini, sebuah derek bertenaga roket menurunkan robot ke tanah dengan tali nilon. Kala itu, para insinyur di NASA hanya dapat menyaksikan dan menunggu. Jarak 250 juta km antara Mars dan Bumi berarti akan terjadi jeda 13 menit dalam komunikasi.

Dan benar saja, robot penjelajah Curiosity sukses mendarat di Mars seperti rencana awal. Robot bertenaga nuklir tersebut bahkan aktif menjalani misi di Mars selama dua tahun lebih.

Swafoto Curiosity di lereng Gunung Sharp, Mars. Kredit: NASA/MSL/JPL-Caltech

Misi Keingintahuan

Seperti namanya, robot penjelajah Curiosity mengemban misi keingintahuan, para astronom di seluruh dunia telah lama memiliki rasa ingin tahu yang amat dalam tentang misteri planet Mars. Apakah pernah ada kehidupan di Planet Merah yang berjarak 500 juta kilometer dari Bumi dan memiliki ukuran 1/9 (lebih kecil) dari Bumi?

Tak heran sejumlah negara maju telah melakukan rencana-rencana spektakuler untuk mengungkap misteri planet Mars. Tak terhitung sudah jumlah pengiriman wahana menuju ke planet Mars yang pada umumnya gagal ketika mencapai orbit planet Mars. Yang terakhir, wahana antariksa Schiaparelli milik Eropa hilang kontak saat mendarat di sana.

Curiosity yang berasal dari bahasa latin "Curiosus" yang berarti "penasaran" atau "ingin tahu" itu memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam bidang ilmu pengetahuan ruang angkasa khususnya upaya mengungkap misteri planet Mars.

Robot itu membawa peralatan super canggih yang mampu mendeteksi ada tidaknya kandungan air pada jarak 50 meter dari posisinya berdiam di suatu tempat dekat Gunung Sharp yang dipandu oleh ilmuan dari Bumi.

Kini Curiosity sedang menikmati masa bebas tugasnya di Mars. Misinya telah berakhir pada tahun 2014 silam. Walau begitu, misi penelitian Mars tidak berhenti begitu saja. Berbagai negara mulai dari AS, negara-negara Eropa, Tiongkok, bahkan India saat ini sedang gencar mengirimkan wahana-wahana maupun robot-robot ke planet tetangga Bumi kita itu.