Galaksi Bimasakti Miliki Galaksi Satelit Baru

Galaksi satelit Bimasakti, Awan Magellan Besar. Kredit: Martin Marthadinata
Info Astronomy - Menggunakan Teleskop Subaru di Jepang, sekelompok astronom telah berhasil menemukan galaksi satelit baru yang mengitari galaksi kita, Bimasakti. Menurut laporan penelitiannya, galaksi satelit ini merupakan pendamping Bimasakti paling redup yang pernah ditemukan.

Galaksi yang disebut Virgo I ini resmi bergabung dengan sekitar 50 galaksi satelit kerdil yang diketahui mengorbit galaksi kita. Terletak 280.000 tahun cahaya dengan diameter 124 tahun cahaya, galaksi Virgo I ini bahkan lebih kecil untuk disebut sebuah galaksi kerdil. Sebagai perbandingan, Bimasakti memiliki diameter 100.000 tahun cahaya.

Galaksi Virgo I ini juga tampak 1,5 miliar kali lebih redup dari pada galaksi kerdil Awan Magellan Besar, galaksi satelit terbesar yang mengorbit galaksi kita. Galaksi Virgo I ini juga memiliki magnitudo mutlak yang hanya -0.8, sehingga 1,6 kali lebih redup dari Matahari kita.

Letak galaksi satelit Virgo I. Kredit: Tohoku University, Subaru
Dilaporkan dalam sebuah penelitian di Astrophysical Journal, penemuan ini menunjukkan bahwa Virgo I mungkin baru merupakan galaksi pengiring Bimasakti pertama dari banyak galaksi-galaksi kecil dan redup lainnya yang belum kita ketahui keberadannya.

"Penemuan ini menunjukkan bahwa mungkin ada ratusan satelit kerdil redup lainnya yang menunggu untuk ditemukan," tulis penulis senior Masashi Chiba, dari Tohoku University, dalam makalah penelitiannya. "Berapa banyak satelit yang mengorbit Bimasakti akan memberi kita petunjuk penting untuk memahami bagaimana galaksi kita terbentuk dan bagaimana materi gelap berkontribusi untuk itu."