Awan Metana Tampak Bergerak di Atmosfer Titan

Awan metana di atmosfer Titan. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Info Astronomy - Wahana antariksa Cassini milik Lembaga Antariksa AS (NASA) baru-baru ini berhasil menyaksikan adanya awan metana yang bergerak melintasi wilayah utara pada atmosfer satelit alami terbesar milik Saturnus, Titan, pada 29 dan Oktober 2016.

Sifat awan di Titan juga diketahui mirip sifat awan di Bumi, seperti adanya beberapa gumpalan awan yang mengembang, bergerak di atas permukaan hingga memudar. Cassini berhasil merekam pergerakan awan metana di Titan selama 11 jam, dengan satu frame diambil setiap 20 menit. Awan-awan ini diperkirakan bergerak pada kecepatan sekitar 7 sampai 10 meter per detik.

Selain ditemukan awan-awan berukuran besar, ada juga beberapa awan kecil di atas wilayah danau kecil yang terletak lebih jauh ke utara Titan. Awan-awan yang berukuran kecil itu bergerak dengan kecepatan sekitar 1 sampai 2 meter per detik.

Dengan meneliti awan di Titan ini, para astronom dapat membuat model iklim Titan. Diketahui bahwa aktivitas awan di Titan lebih banyak terjadi selama awal musim panas di bagian utaranya, di mana di sana terdapat banyak lautan dan danau metana.

Ke depannya, misi Cassini ini akan terus memantau cuaca Titan hingga sekitar titik balik Matahari musim panas di Titan pada tahun 2017 mendatang. Bagi Anda yang mau lihat video pergerakan awan metana di Titan, silakan klik di sini.
Awan Metana Tampak Bergerak di Atmosfer Titan Awan Metana Tampak Bergerak di Atmosfer Titan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/10/2016 11:59:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.