Wahana Antariksa Schiaparelli Hilang Kontak di Planet Mars

Ilustrasi wahana antariksa Schiaparelli di planet Mars. Kredit: ESA
Info Astronomy - Semalam, Rabu (19/10), wahana antariksa Schiaparelli milik Eropa-Rusia melakukan pendaratan ke permukaan Mars. Schiaparelli seharusnya mendarat pukul 21:48 WIB, namun pihak ESA mengonfirmasi bahwa mereka hilang kontak dengan Schiaparelli.

Hingga saat artikel ini ditulis, ESA belum dapat memulihkan kontak dengan wahana antariksa Schiaparelli, yang mungkin saat ini sudah mendarat namun dengan sedikit kerusakan karena pendaratan dirasa kurang mulus.

Jika Schiaparelli berhasil mendarat, ia akan menjadi wahana antariksa buatan manusia pertama besutan ESA yang berhasil ditempatkan di permukaan Planet Merah. Namun, jika tidak ada sinyal yang diterima, ESA mengalami kegagalan pertamanya.

Dan bagi Rusia, yang bekerja sama dengan ESA dalam misi ini, wahana antariksa Schiaparelli menjadi wahana antariksa ketujuh yang gagal didaratkan ke Mars oleh Negeri Beruang Merah tersebut.

Sekarang ini, para ilmuwan di markas ESA di Jerman sedang menunggu data sinyal dari wahana antariksa pengorbit Trans Gas Orbiter (TGO) yang mengantarkan Schiaparelli mendarat. TGO akan diarahkan untuk terbang di atas lokasi pendaratan untuk mengonfirmasi apakah pendaratan berhasil atau tidak.

Kita tidak akan tahu pasti sampai besok, Jum'at 21 Oktober 2016. Sehingga untuk saat ini, perayaan keberhasilan Schiaparelli mendarat masih ditahan, dan kita hanya bisa berharap pendaratannya berhasil.
Wahana Antariksa Schiaparelli Hilang Kontak di Planet Mars Wahana Antariksa Schiaparelli Hilang Kontak di Planet Mars Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/20/2016 08:48:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.