Teleskop Antariksa Hubble Jepret Nebula Planeter dengan Lengan Spiral

Nebula planeter. Kredit: ESA/Hubble, NASA
Info Astronomy - Melihat citra ini, Anda mungkin mengira Anda sedang melihat sebuah galaksi. Tapi faktanya, objek pada citra ini merupakan nebula planeter bernama PK 329-02.2. Nebula planeter ini cukup unik karena memiliki lengan spiral. Mengapa bisa? Dan apa itu nebula planeter?

Meskipun ada kata planeter, nebula ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan planet. Istilah nebula planeter sebenarnya berawal dari kekeliruan yang dilakukan oleh astronom William Herschel pada tahun 1784 (beberapa sumber menyebutkan di tahun 1785).

Ketika nebula planeter dilihat melalui teleskop, objek tersebut terlihat menyerupai awan (nebula) yang mirip dengan penampakan Uranus, planet yang telah ditemukan dengan teleskop oleh Herschel. Nama yang diberikan oleh Herschel ini kemudian diadopsi oleh para astronom dan tidak pernah berubah lagi, walaupun nebula planeter sama sekali tidak ada hubungannya dengan planet.

Nebula planeter adalah sebuah emisi nebula yang terdiri dari cangkang gas terionisasi yang bersinar yang sedang mengembang dan dikeluarkan selama fase masa asimtotik dari beberapa jenis bintang dalam siklus akhir kehidupan bintang tersebut.

Ketika bintang seperti Matahari mendekati akhir hidup mereka, bintang-bintang melepaskan lapisan gas dan material terluarnya. Gas dan material yang dilepaskan ini akan membentuk stuktur awan atau nebula yang berbentuk tidak beraturan dan kompleks.

Kompleksitas ini terbukti dalam gas dan material yang tersebar dari bintang yang berada di bagian tengah citra di atas. Selain penyebaran gas dan material, ada juga sebuah simetri indah di nebula planeter PK 329-02.2, yakni stuktur dua lengan spiral biru cerah sempurna yang sejajar dengan dua bintang di pusat nebula.

Diyakini kedua lengan spiral tersebut tidak akan bertahan selamanya. Lengan spiral tersebut sama-sama terbentuk dari gas dan material yang dilepaskan bintang induknya, sehingga di masa mendatang bentuk lengan spiral akan semakin mengembang dan tak tampak sebagai lengan lagi.

Nebula planeter dengan lengan spiral ini juga dikenal sebagai Menzel 2, dinamai setelah astronom AS, Donald Menzel berhasil menemukannya pada tahun 1920. Nebula planeter ini terletak di rasi bintang Norma, letaknya juga berada di dekat dua nebula bipolar bernama Menzel 1 dan 3 yang masing-masing berbentuk seperti kupu-kupu atau jam pasir.

Teleskop Antariksa Hubble memotret citra ini dengan instrumen Wide Field Planetary Camera 2.