Planet Kesembilan Membuat Tata Surya Kita Miring

Menurut penelitian, jalur orbit planet-planet di Tata Surya termasuk Bumi miring sekitar 6 derajat terhadap ekuator Matahari. Dan studi terbaru oleh ilmuwan California Institute of Technology di Pasadena menemukan bahwa Planet Kesembilan lah yang kemungkinan merupakan penyebab kemiringan tersebut.
Ilustrasi planet kesembilan di tepi tata surya kita. Kredit: Caltech/R. Hurt (IPAC)
Info Astronomy - Menurut penelitian, jalur orbit planet-planet di Tata Surya termasuk Bumi miring sekitar 6 derajat terhadap ekuator Matahari. Dan studi terbaru oleh ilmuwan California Institute of Technology di Pasadena menemukan bahwa Planet Kesembilan lah yang kemungkinan merupakan penyebab kemiringan tersebut.

Planet Kesembilan merupakan planet hipotesis yang diperkirakan berada di tepi ujung Tata Surya kita yang kehadirannya ditemukan lewat permodelan matematika dan simulasi komputer. Hingga saat artikel ini ditulis, keberadaannya belum juga dikonfirmasi melalui pengamatan ataupun pencitraan langsung.

Massa Planet Kesembilan ini diperkirakan sekitar 10 kali massa Bumi dan mengorbit Matahari pada jarak 500 kali jarak Bumi-Matahari. Penelitian yang dilakukan juga menunjukkan bahwa Planet Kesembilan memiliki orbit yang lebih miring sekitar 30 derajat dibandingkan orbit delapan planet lainnya di Tata Surya.

Hasil simulasi komputer yang dilakukan oleh sekelompok astronom menunjukkan bahwa kemiringan delapan planet Tata Surya yang saat ini sudah diketahui dapat dijelaskan akibat pengaruh gravitasi dari Planet Kesembilan selama 4,5 miliar tahun terakhir.

Tapi, bagaimana bisa Planet Kesembilan begitu berpengaruh pada jalur orbit keseluruhan planet di Tata Surya kita?

"Karena Planet Kesembilan berukuran sangat besar dan memiliki jalur orbit yang sangat miring dibandingkan orbit planet lainnya, hal tersebut dapat membuat Tata Surya 'melenceng' dan miring secara perlahan," kata pemimpin studi ini, Elizabeth Bailey.

Massa Planet Sembilan yang mencapai 10 kali massa Bumi tak begitu besar dibanding massa Jupiter yang mencapai 300 kali massa Bumi, tetapi eksentrisitas orbitnya sangat besar, sehingga ia memiliki momentum sudut yang besarnya setara dengan gabungan seluruh planet lain di Tata Surya.

Meski  demikian, perlu digarisbawahi bahwa hasil penemuan ini belum dapat dikonfirmasi. "Belum dapat dipastikan bahwa Planet Kesembilan benar-benar ada, karena kita belum pernah melihatnya," kata Konstantin Batygin, astronom yang pertama kali mengusulkan keberadaan Planet Kesembilan.

Bukti-bukti keberadaan Planet Kesembilan saat ini sudah cukup banyak, hanya saja belum ada bukti citra planet tersebut. Batygin mengatakan bahwa beberapa kelompok astronom saat ini sedang menyelidiki keberadaan Planet Kesembilan menggunakan beberapa teleskop terbesar di dunia.

Ini menarik, jika Planet Kesembilan memang benar keberadannya, kita akan kembali memiliki 9 planet di Tata Surya setelah status Pluto diturunkan dari "planet" menjadi "planet kerdil" pada tahun 2006 silam.