Mengenal NGC 6302, Nebula Kupu-kupu Raksasa di Alam Semesta

Nebula Kupu-kupu (NGC 6302). Kredit: ESO
Info Astronomy - Manusia cenderung menamai objek alam semesta dari bentuknya. Seperti nebula ini, yang bernama resmi NGC 6302 memiliki nama lain sesuai bentuknya, Nebula Kupu-kupu. Ini adalah salah satu contoh betapa indahnya alam semesta kita.

Nebula Kupu-Kupu terbentuk dari kematian sebuah bintang, ketika awan gas besar superpanas dari bintang tersebut dikeluarkan lalu menyebar ke ruang angkasa. Secara kebetulan, nebula ini tampak seperti kupu-kupu saat diamati dari Bumi kita. Nebula Kupu-Kupu sendiri terletak pada jarak sekitar 3800 tahun cahaya dari Bumi.

Struktur seperti ini terbentuk ketika sebuah bintang yang memiliki massa sekitar lima kali massa Matahari menjadi bintang raksasa merah, bintang tersebut mengeluarkan lapisan luarnya, dan menjadi sangat panas. Bentuknya yang khas mengklasifikasikannya sebagai nebula bipolar.

Perpaduan warna nebula ini memberitahu kita tentang kondisi fisik dalam nebula. Tepi merah dari sayap kupu-kupu merupakan daerah yang memancarkan cahaya dari unsur nitrogen, karena suhu relatif rendah di sana.

Sebaliknya, daerah putih dekat ke pusat nebula dipancarkan oleh elemen sulfur, menandai daerah tersebut bersuhu lebih tinggi dan menabrak gas yang lebih dekat ke pusat bintang. Warna lain juga mengidentifikasi emisi dari gas oksigen, helium dan hidrogen.

Pengamatan ini diambil dalam cahaya optik dan ultraviolet pada tanggal 27 Juli 2009, menggunakan instrumen Hubble Wide Field Camera 3 yang tersemat pada Teleskop Antariksa Hubble.
Mengenal NGC 6302, Nebula Kupu-kupu Raksasa di Alam Semesta Mengenal NGC 6302, Nebula Kupu-kupu Raksasa di Alam Semesta Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/31/2016 06:45:00 PM Rating: 5