LAPAN Siap Bangun Bandara Antariksa Baru untuk Peluncuran Roket

Peluncuran roket. Kredit: AFP
Info Astronomy - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) berencana membangun fasilitas peluncuran satelit baru. Pasalnya, fasilitas peluncuran satelit saat ini yang berada di Garut, Jawa Barat, baru sebatas untuk roket kecil.

"Sangat diperlukan lokasi peluncuran roket-roket yang lebih besar. Itu akan kita bangun tapi bukan di Jabar," kata Kepala LAPAN Profesor Thomas Djamaluddin seperti dilansir dari VIVA.co.id.

Thomas menjelaskan untuk membangun lokasi peluncuran roket semula ada tiga lokasi yang dapat ditawarkan, yakni Bengkulu, Morotai dan Biak. Namun lokasi yang ditawarkan itu mengerucut menjadi dua lokasi, Morotai dan Biak.

Kepala LAPAN menambahkan dipilihnya dua lokasi itu karena menghadap ke Samudera Pasifik dan ke arah timur, hal ini memudahkan dalam peluncuran satelit ke wilayah ekuator. Namun, jelasnya lagi apakah akan membangun di Biak atau Morotai, masih akan dikaji yang lebih mendalam.

Dijelaskannya, baik Biak maupun Morotai, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Biak memiliki infrastruktur yang lebih baik namun kawasan Biak relatif sudah padat penduduk sehingga perlu relokasi. Sedangkan Morotai, infrastrukturnya relatif kawasan.


Bandara Antariksa

Membangun lokasi peluncuran roket, juga berarti membangun bandara antariksa atau space spot. Thomas mengatakan rencana induk pembangunan bandara antariksa telah tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2013 tentang Keantariksaan.

Bandara antariksa sangat penting bagi Indonesia untuk merespons terus berkembangnya teknologi keantariksaan dunia serta mendorong kemandirian penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta keantariksaan nasional.

Selain nantinya berfungsi untuk menunjang pengembangan program keantariksaan nasional, pembangunan bandara antariksa disebut cukup potensial untuk dikomersialisasikan di kancah internasional karena wilayah ekuator menjadi kawasan favorit bagi negara-negara peluncur roket atau satelit.

Jadi, selain dapat memajukan Indonesia di dalam bidang antariksa dan IPTEK, adanya bandara antariksa juga dapat memajukan Indonesia di sektor ekonomi. Nantinya, Indonesia bakal menjadi negara pertama di ASEAN yang memiliki bandara antariksa sendiri.
LAPAN Siap Bangun Bandara Antariksa Baru untuk Peluncuran Roket LAPAN Siap Bangun Bandara Antariksa Baru untuk Peluncuran Roket Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/28/2016 07:40:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.