Ketika Cincin Saturnus Memantulkan Cahaya Matahari ke Sisi Malamnya

Klik gambar untuk memperbesar. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Info Astronomy - Baru-baru ini, wahana antariksa Cassini telah mengirimkan citra cincin Saturnus yang dipotret dari atas sisi malam planet raksasa gas tersebut. Menariknya, cincin tersebut merefleksikan cahaya Matahari ke sisi malam sehingga malam hari di Saturnus tidak benar-benar gelap.

Citra ini menunjukkan bahwa bahkan ketika malam hari, suasana permukaan Saturnus masih tampak terang akibat material cincin yang sangat relfektif terhadap cahaya Matahari. Hal itu membuat sisi malam Saturnus tampak lebih terang, walau tak seterang sisi siangnya.

Cincin Saturnus adalah sistem cincin planet yang paling luas dan megah dari planet manapun di Tata Surya. Mereka terdiri dari partikel kecil yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari ukuran mikrometer hingga meter, yang mengorbit Saturnus. Partikel cincin yang hampir seluruhnya terbuat dari es air, dengan komponen jejak material batuan.

Masih belum ada konsensus mengenai mekanisme pembentukan mereka; beberapa fitur dari cincin menunjukkan asal yang relatif baru, tetapi model teoretis menunjukkan mereka mungkin telah terbentuk di awal sejarah Tata Surya.

Selain cincin yang reflektif, cita ini juga menampilkan adanya satelit alami kecil berdiameter sekitar 86 kilometer milik saturnus yang bernama Prometheus. Satelit alami tersebut terlihat sebagai titik kecil di dekat cincin terluar Saturnus di bagian kiri atas.

Wahana antariksa Cassini memotret citra ini dalam cahaya tampak dengan instrumen kamera wide-angle utamanya pada 14 Agustus 2016. Cassini memotretnya pada ketinggian 1,4 juta kilometer dari permukaan Saturnus.
Ketika Cincin Saturnus Memantulkan Cahaya Matahari ke Sisi Malamnya Ketika Cincin Saturnus Memantulkan Cahaya Matahari ke Sisi Malamnya Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/11/2016 04:36:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.