2018, Indonesia Siap Luncurkan Satelit LAPAN-A4

Satelit LAPAN-A3. Kredit: LAPAN
Info Astronomy - Setelah beberapa waktu lalu satelit LAPAN-A3 sukses diluncurkan, LAPAN berencana akan kembali meluncurkan satelit LAPAN-A4. Diperkirakan satelit ini akan rampung dua tahun lagi. Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Prof. Thomas Djamaluddin.

Bahkan, ia menerangkan satelit penginderaan jauh besutan LAPAN seri eksperimen akan diakhiri hingga satelit LAPAN-A5. Untuk pembuatan satelit LAPAN-A4 ini sedang dipersiapkan. Namun, secara umum, fungsi satelit LAPAN-A4 dan LAPAN-A5 hampir sama dengan generasi sebelumnya.

"Misi LAPAN-A4 dan LAPAN-A5 belum didefinisikan secara spesifik. Akan tetapi, secara umum mencakup pemantauan sumber daya alam dan lingkungan, pemantauan maritim, serta hal ilmiah," kata dia.

Thomas menerangkan teknologi yang disematkan pada satelit LAPAN-A4 dan LAPAN-A5 akan lebih canggih dan bobot pun melebihi dari generasi sebelumnya. Jika satelit LAPAN-A1 dan LAPAN-A3 tidak sampai 100 kilogram nantinya, LAPAN-A4 dan LAPAN-A5 bisa mencapai bobot 100 hingga 300 kilogram.

Mengenai kamera, satelit LAPAN-A4 masih menggunakan kamera seri sensor optik. Sementara itu, LAPAN-A5 sudah dengan sensor radar. "Sensor radar menangkap gelombang radio yang dipancarkan satelit, lalu dipantulkan objek di permukaan Bumi. Dengan sensor radar, kendala cuaca dan waktu malam bisa diatasi untuk mendapatkan data," pungkasnya.

Meluncurkan dengan Roket Sendiri

Satelit LAPAN-A1 hingga LAPAN-A3 diluncurkan dengan menumpang roket PSLV buatan India, peluncurannya pun juga dilakukan di Dhawan Space Center, Sriharikota, India. Namun saat ini, LAPAN sedang mengembangkan roket peluncur satelit (RPS) sendiri, yang mungkin akan digunakan untuk meluncurkan satelit kita secara mandiri nantinya.

Roket tersebut bernama RX-450. LAPAN berhasil meluncurkan roket RX-450 di Balai Produksi dan Pengujian Roket Pameungpeuk, Jawa Barat, pada Mei 2016 yang lalu. RX-450 merupakan roket sonda yang mempunyai diameter 450 mm yang dapat digunakan untuk mengukur parameter atmosfer.

Roket ini direncanakan mampu mencapai ketinggian dan jangkauan maksimum berturut-turut sebesar 44 km dan 129 km jika diluncurkan pada sudut elevasi 70 derajat. Roket RX-450 merupakan bagian dari roket bertingkat yang akan digunakan sebagai RPS. Uji terbang roket ini merupakan bagian dari tahapan dalam penguasaan roket RPS yang direncanakan dapat membawa muatan 50-100 kg ke orbit rendah.

Pada uji terbang roket RX-450 tersebut motor roket dapat berfungsi dengan baik untuk membawa terbang roket. Beberapa hal masih harus terus dilakukan untuk memperoleh hasil terbang yang maksimal.

Setelah peluncuran RX-450, LAPAN berencana untuk menuju peluncuran berikutnya yaitu RX-550 dan roket berdiameter yang lebih besar. Hasil peluncuran tersebut menjadikan motivasi bagi LAPAN untuk lebih maju dalam peningkatan dan pengembangan teknologi antariksa khususnya roket.

Percayalah, kita sedang berada di tahap menuju kemajuan teknologi antariksa.
2018, Indonesia Siap Luncurkan Satelit LAPAN-A4 2018, Indonesia Siap Luncurkan Satelit LAPAN-A4 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/14/2016 10:32:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.