SpaceX Berambisi Kirim 100 Orang untuk Kolonisasi Mars

Ilustrasi kapsul antariksa milik SpaceX ketia mendarat di Mars. Kredit: SpaceX
Info Astronomy - Dalam sebuah presentasi di International Astronautical Congress (IAC) di Meksiko (28/9), pendiri SpaceX Elon Musk akhirnya mengungkapkan rencananya untuk mengolonisasi Mars dengan mengirimkan 100 orang sekaligus dengan roket raksasa.

"Saya ingin membuat Mars menjadi planet yang bisa kita jelajah di masa kehidupan kita sekarang, bukan di masa depan," kata Musk dalam presentasinya di IAC. "Saya ingin orang-orang di Bumi bisa pergi ke Mars kapanpun jika mereka ingin."

Roket yang tidak disebutkan namanya tersebut jelas terdengar mengesankan, roket ini merupakan bagian dari program Interplanetary Transport System (ITS) SpaceX. Roket tersebut juga akan mengangkut pesawat antariksa yang dirancang khusus agar dapat membawa baik manusia maupun kargo.

Dalam presentasinya juga, Elon Musk mengatakan roket yang sangat kuat nantinya tersebut akan dapat didaratkan kembali setelah meluncurkan pesawat antariksa berisi 100 orang menuju Mars. Seluruh astronot Mars tersebut nantinya akan menghabiskan waktu kurang lebih 8 bulan dalam perjalanan dari Bumi ke Mars.

Kedengarannya memang mustahil. Tapi Musk, seperti ciri khasnya, ia tampak sangat optimis. Musk bahkan mengatakan SpaxeX siap untuk peluncuran 100 orang pertama ke Mars dalam 10 tahun dari sekarang, sekitar 2026 atau bahkan pada awal 2024. Gila!

Terlebih lagi, ia bahkan mengisyaratkan bahwa ia ingin menerraformasi Mars dan membuatnya laik huni bagi manusia sehingga astronot di sana tidak perlu menggunakan baju astronot jika ingin berjalan-jalan di permukaan Mars.

Sebelum misi ambisius yang gila tersebut dilakukan, SpaceX berencana untuk meluncurkan misi tanpa awak ke Mars yang akan melakukan peluncuran mulai tahun 2018, ketika Bumi dan Mars orbitnya berada relatif dekat dan cukup menguntungkan bagi peluncuran.

Musk mengatakan, saat ini, sekitar 5 persen dari staf SpaceX bekerja pada ITS. Musk bersama SpaceX bertujuan untuk mendaratkan satu juta orang ke Mars, dengan total 10.000 perjalanan melintasi 40 hingga 100 tahun!

Ini juga bukan misi berani mati alias satu arah saja, melainkan para astronot Mars SpaceX nantinya bisa kembali ke Bumi kapan saja dengan pesawat antariksa khusus yang dirancang untuk lepas landas dari Mars.

Mungkin yang paling mengesankan dari semua ini adalah biaya. SpaceX telah mengembangkan roket Falcon 9 yang bisa mendarat kembali, dan Musk mengatakan perjalanan ke Mars bersama SpaceX akan menghabiskan biaya 10 miliar dollar AS per orang.

Jadi, selamat menyambut masa depan penjelajahan manusia di alam semesta. Ada yang masih terkungkung pemikirannya di zaman primitif saat menganggap Bumi ini datar, ada juga yang sudah maju memikirkan penjelajahan luar angkasa. Biarkan hukum alam yang bekerja. Go SpaceX!
SpaceX Berambisi Kirim 100 Orang untuk Kolonisasi Mars SpaceX Berambisi Kirim 100 Orang untuk Kolonisasi Mars Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/28/2016 06:21:00 AM Rating: 5

1 komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.