NGC 6101: Gugus Bintang yang Memiliki Ratusan Lubang Hitam

Gugus bintang NGC 6101. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Simulasi komputer dari gugus bintang bola yang bernama NGC 6101 mengungkapkan bahwa gugus bintang ini ternyata berisi ratusan lubang hitam bermassa bintang (stellar-mass black hole). NGC 6101 adalah gugus bintang di konstelasi Apus. Terletak pada jarak sekitar 47.600 tahun cahaya dari Matahari kita.

Juga dikenal sebagai Dun 68, GCL 40 dan ESO 69-SC4, gugus bintang ini ditemukan pada 1 Juni 1826 oleh astronom Skotlandia James Dunlop. Para astronom di University of Surrey, Inggirs menggunakan simulasi komputer canggih mampu melihat keberadaan ratusan lubang hitam di NGC 6101.

Lubang hitam yang terdapat di gugus bintang NGC 6101 ini diketahui memiliki massa beberapa kali lebih besar dari Matahari, yang terbentuk akibat keruntuhan gravitasi dari bintang-bintang besar ketika mengalami kematian.

"Karena sifatnya, lubang hitam tidak mungkin untuk dilihat dengan teleskop, karena tidak ada foton yang dapat melarikan diri darinya," kata Dr. Miklos Peuten, seorang peneliti di Departemen Fisika di University of Surrey dan penulis utama makalah penelitian yang diterbitkan di Pemberitahuan Bulanan Royal Astronomical Society.

"Untuk menemukan ratusan lubang hitam ini, kami mencari efek gravitasi yang timbul di lingkungan sekitar mereka. Menggunakan observasi dan simulasi komputer, kami akhirnya dapat melihat petunjuk untuk keberadaan ratusan lubang hitam ini," tambah Peuten.

"Penelitian kami ditujukan untuk membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan fundamental terkait dengan dinamika bintang dan lubang hitam, serta juga gelombang gravitasi yang baru-baru ini berhasil dideteksi," kata salah satu penulis makalah penelitian, Prof. Mark Gieles.

Bukti definitif dari adanya lubang hitam di gugus bintang bola adalah penemuan yang relatif baru. Bukti yang menunjukkan bahwa di NGC 6101 ada sangat banyak lubang hitam telah menjungkirbalikkan teori lama tentang bagaimana lubang hitam terbentuk.
NGC 6101: Gugus Bintang yang Memiliki Ratusan Lubang Hitam NGC 6101: Gugus Bintang yang Memiliki Ratusan Lubang Hitam Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/14/2016 09:36:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.