Mengenal Barnard, Bintang Terdekat Keempat dari Tata Surya Kita

Ilustrasi bintang katai merah. Kredit: Wikimedia Commons
Info Astronomy - Bintang Barnard mungkin masih terdengar asing. Bintang ini adalah jenis bintang katai merah yang bermassa sangat rendah dan berjarak sekitar 6 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Ophiuchus. Mari kenali bintang ini lebih jauh.

Barnard adalah bintang tunggal terdekat keempat dari Matahari (setelah tiga komponen dari sistem Alpha Centauri). Meskipun jaraknya dikatakan dekat, bintang Barnard memiliki magnitudo tampak yang redup sehingga tidak terlihat dengan mata telanjang. Walau begitu, bintang ini sangat terang dalam inframerah.

Bintang Barnard merupaan katai merah dari spektrum jenis M4, membuatnya terlalu redup untuk melihat tanpa teleskop. Magnitudo tampak bintang ini adalah +9,5, sangat jauh jika dibandingkan dengan Sirius (bintang paling terang di langit malam) yang memiliki magnitudo tampak -1,5.

Berusia sekitar 7-12 miliar tahun membuat bintang Barnard berusia jauh lebih tua daripada Matahari kita yang diperkirakan masih berusia 4,5 miliar tahun. Hal tersebut juga membuat bintang Barnard menjadi salah satu bintang tertua di antara bintang-bintang lainnya di galaksi Bima Sakti.

Bintang ini dinamai dari nama astronom Amerika Serikat Edward Emerson Barnard yang pada tahun 1916 berhasil mengukur gerak diri (proper motion) bintang katai merah ini yang mencapai 10,3 detik busur per tahun. Gerak diri bintang Barnard adalah gerak diri terbesar dari setiap bintang yang berjarak relatif dekat dari Tata Surya kita.

Paling Sering Dipelajari

Bintang Barnard adalah salah satu katai merah yang paling banyak dipelajari karena kedekatannya dan lokasi yang menguntungkan untuk pengamatan; di dekat ekuator langit. Secara historis, penelitian tentang Bintang Barnard telah difokuskan pada pengukuran karakteristiknya, astrometrinya, dan juga tak ketinggalan tentunya mencari kemungkinan adanya planet ekstrasurya.

Meskipun Bintang Barnard adalah bintang tua, ia diketahui masih aktif meletupkan suar bintang (star flare). Bahkan sejarah pernah mencatat, suar bintang terbesar yang pernah diletupkan bintang ini pernah terjadi pada tahun 1998.

Bintang ini juga tidak lepas dari beberapa kontroversi. Selama satu dekade, dari awal 1960-an ke 1970-an, astronom Peter van de Kamp pernah mengklaim bahwa ada satu atau lebih planet gas raksasa yang mengorbit Barnard. Namun, klaim tersebut disangkal dan tak terbukti di pertengahan 1970-an.

Barnard memiliki massa sekitar 0,14 kali massa Matahari dan radiusnya sekitar 15% sampai 20% dari dari Matahari. Jadi, meskipun Bintang Barnard memiliki sekitar 150 kali massa Jupiter, radiusnya hanya 1,5 hingga 2,0 kali lebih besar, hal ini disebabkan oleh kepadatannya (dense) yang jauh lebih tinggi.

Ditulis oleh: Madhonna Nur'Aini
Mengenal Barnard, Bintang Terdekat Keempat dari Tata Surya Kita Mengenal Barnard, Bintang Terdekat Keempat dari Tata Surya Kita Reviewed by Kontributor on 9/13/2016 11:46:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.