Mengapa Bumi Tidak Memiliki Cincin?

Ilustrasi jika Bumi memiliki cincin. Kredit: Spaceengine.org
Info Astronomy - Saat melihat planet Saturnus melalui teleskop, kita akan melihat sebuah bentuk bola yang dikelilingi cincin indah dan megah berwarna kuning keemasan. Mengapa ada planet yang memiliki cincin seperti Saturnus dan ada yang tidak seperti Bumi?

Planet-planet di Tata Surya kita yang memiliki cincin sebenarnya bukan hanya Saturnus, melainkan Jupiter, Uranus dan Neptunus juga punya. Keempat planet tersebut memiliki beberapa hal lain yang sama juga: Mereka semua memiliki banyak satelit alami, dan mereka semua adalah planet raksasa gas yang sangat besar.

Gravitasi keempat planet tersebut cukup besar untuk dapat menangkap asteroid yang lewat, yang bahkan sebagian besar dari satelit-satelit alami keempat planet ini merupakan asteroid yang terjebak gravitasi lalu mengorbit sang planet.

Dengan massa dan gravitasinya yang besar, keempat planet ini bisa merobek asteroid menjadi fragmen-fragmen kecil. Puing-puing dari robekan asteroid tersebut akan menyebar dalam jalur datar yang melingkar sehingga bisa terbentuklah sistem cincin.

Sistem cincin Saturnus misalnya, terdiri dari potongan-potongan kecil yang tak terhitung yang mengorbit planet raksasa gas terbesar kedua di Tata Surya tersebut. Mereka cukup mudah untuk terbentuk tapi juga bersifat dinamis, sehingga sistem cincin milik Saturnus sebenarnya tidak permanen, alias bisa menghilang selama beberapa ribu tahun mendatang.

Planet-planet batuan seperti Bumi tidak memiliki cincin karena memiliki ukuran, massa dan gravitasi yang kecil, sangat berbeda dengan planet raksasa gas tadi. Berbeda dengan Saturnus, satelit alami yang mengitari Bumi tidak akan terobek-robek.

Hal tersebut disebabkan adanya suatu jarak tertentu yang akan membuat satelit alami dapat terobek-robek ketika berada pada jarak tersebut dari planet induknya. Jarak ini bergantung pada diameter planet dan perbandingan kepadatan planet dengan satelit alaminyanya.

Ketika Bulan, satelit alami Bumi, pertama kali terbentuk, jarak Bulan ke Bumi lebih besar daripada jarak kritisnya. Diperkirakan juga, saat Bumi baru lahir, diameter Bumi lebih kecil karena Bumi belum terbentuk sempurna seperti saat ini. Itulah sebabnya Bulan pada saat itu tidak terkoyak seperti yang dialami oleh satelit alami planet Saturnus.
Mengapa Bumi Tidak Memiliki Cincin? Mengapa Bumi Tidak Memiliki Cincin? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/28/2016 06:45:00 AM Rating: 5