India Rilis Citra Bumi dari Satelit Geostasioner Pertamanya

Bumi dipotret dari orbit geosinkron oleh satelit INSAT-3DR. Kredit: ISRO
Info Astronomy - Pekan lalu, Indian Space Research Organization (ISRO) telah merilis citra Bumi pertama yang diambil oleh satelit INSAT-3DR, sebuah satelit cuaca canggih rancangan India. INSAT-3DR dengan sempurna memotret bola Bumi dari orbit geostasioner.

INSAT-3DR telah dikonfigurasikan dengan sistem pencitraan dan sounder atmosfer. Satelit tersebut diluncurkan pada 8 September 2016 menggunakan roket GSLV-F05 dari bandar antariksa di Sriharikota, Andhra Pradesh, India.

Roket GSLV-F05 telah membawa satelit INSAT-3DR ke orbit geostasioner yang berada pada ketinggian kurang lebih 36.000 sampai 40.000 kilometer di atas permukaan Bumi. Butuh waktu dua hari untuk satelit ini untuk mencapai orbit geostasioner tersebut.

Menurut informasi yang InfoAstronomy.org dari situs web resmi ISRO, instrumen pencitraan pada satelit INSAT-3DR dapat memotret bola Bumi sekali dalam setiap 26 menit. Karena berada di orbit geostastioner, satelit ini akan terus berada di atas India mengikuti rotasi Bumi.

Dengan teknologi dan posisi satelit yang pas, hal tersebut memberikan layanan data meteorologi ke seluruh India, serta pengumpulan data terestrial untuk mempelajari Bumi dari luar angkasa. Congratulations, India!
India Rilis Citra Bumi dari Satelit Geostasioner Pertamanya India Rilis Citra Bumi dari Satelit Geostasioner Pertamanya Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/20/2016 09:59:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.