Eksperimen Ilmiah Siswi SMA Indonesia Diluncurkan ke ISS

Stasiun Luar Angkasa Internasional dipotret oleh astronot dari dalam pesawat ulang alik. Kredit: NASA/ESA
Info Astronomy - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah memilih eksperimen Try Zero-G milik Inggrid Dewi Rucita Saragih dari SMA Negeri I Batam. Eksperimen tersebut telah dilakukan oleh astronot Jepang, Takuya Onishi, secara langsung di dalam ISS di orbit rendah Bumi.

Astronot Takuya Onishi melakukan eksperimen ilmiah tersebut pada 14 September 2016 di dalam modul Kibo yang terpasang pada badan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Onishi tidak hanya memperagakan eksperimen ilmiah dari Indonesia, melainkan lima percobaan dari Thailand, Singapura, Malaysia dan Vietnam.

Setelah melakukan lima percobaan ilmiah tersebut, astronot Takuya Onishi menyatakan senang dan menikmati adanya program Try Zero-G. Jepang mengadakan program ini sebagai pemanfaatan modul Kibo untuk kawasan Asia dan kerjasama internasional.

"Saat ini, Jepang adalah satu-satunya negara di Asia yang berpartisipasi dalam program ISS, modul Kibo kami selalu terbuka untuk semua negara di Asia dan kami selalu sangat senang untuk bekerja sama dengan negara-negara Asia lainnya. Saya berjanji akan membawa kembali beberapa percobaan ilmiah ketika pulang ke Bumi nanti.

"Juga saya berharap bahwa misi kami di Stasiun Luar Angkasa Internasional akan menginspirasi anak-anak muda di seluruh dunia, khususnya di sekitar Asia, untuk menjadi lebih tertarik pada sains, yang kemudian akan meningkatkan tingkat pengetahuan kita di masa depan."

Didampingi Kepala Pusat Sains Antariksa LAPAN, Inggrid menyaksikan langsung ekperimennya dilakukan oleh astronot Jepang Takuya Onishi. Menurut Kepala LAPAN, Prof. Thomas Djamaluddin, pengalamannya akan dipaparkan saat jumpa pers di LAPAN sepulang dari Jepang dan saat Festival Sains Antariksa di LAPAN Bandung pada 8 Oktober 2016.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan video ketika astronot Takuya Onishi melakukan eksperimen milik siswi SMA Indonesia ini, silakan unduh videonya di situs web resmi Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA): http://iss.jaxa.jp/en/kuoa/news/try_zero_g_2016_0914.html
Eksperimen Ilmiah Siswi SMA Indonesia Diluncurkan ke ISS Eksperimen Ilmiah Siswi SMA Indonesia Diluncurkan ke ISS Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/15/2016 06:12:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.