Kursus Daring Belajar Bertahan Hidup di Mars Dimulai Akhir Oktober 2016

Baru-baru ini, Monash University di Australia mengumumkan akan memulai kursus daring gratis yang akan mengajarkan siapa saja, tidak terbatas untuk seseorang yang memiliki latar belakang ilmiah, untuk belajar bertahan hidup di Mars. Tertarik untuk ikut?
Film fiksi-ilmiah "The Martian". Kredit: 20th Century Fox
Info Astronomy - Para ilmuwan di seluruh dunia bertekad untuk menjadikan planet Mars sebagai "batu loncatan" besar berikutnya, bahkan ada wacana untuk mengoloniasi Planet Merah. Sebagai manusia yang terbiasa hidup di Bumi, kita harus mencari cara teraman untuk tinggal di planet lain dalam jangka waktu yang lama.

Dan ketika ada kata "kita", itu berarti Anda juga berkesempatan menjelajah planet Mars. Baru-baru ini, Monash University di Australia mengumumkan akan memulai kursus daring gratis yang akan mengajarkan siapa saja, tidak terbatas pada seseorang yang memiliki latar belakang ilmiah, untuk belajar bertahan hidup di Mars. Tertarik untuk ikut?

Monash University menyebut kursus daring tersebut sebagai "How to Survive on Mars: The Science Behind Human Exploration of Mars". Kursus daring tersebut akan memakan waktu selama empat minggu dengan kelas mingguan selama kurang lebih 3 jam secara daring.

"Mars telah memikat imajinasi manusia sejak peradaban paling awal. Mars adalah planet yang paling sering dieksplorasi spesies kita di Tata Surya, sehingga sangat menarik untuk mempelajarinya," tulis Monash University. "Mengunjungi planet Mars relatif mudah, tetapi untuk hidup di Mars akan menjadi sebuah tantangan yang nyata."

Kursus ini sendiri dikembangkan oleh astrofisikawan Jasmina Lazendic-Galloway dan ahli kimia Tina Overton, yang terinspirasi oleh novel karya Andy Weir, The Martian.

"Kami menyukai konsep ketika ilmuwan diperlakukan sebagai pemecah masalah dalam novel dan film 'The Martian'. Tidak seperti novel-novel atau film-film luar angkasa lain yang menunjukan ego seorang ilmuwan dan adanya alien di mana-mana," kata Lazendic-Galloway. "Kisah 'The Martian' ini menunjukkan sains yang benar-benar sains. Fakta bahwa sains tidak membosankan, tapi dapat menumbuhkan kemampuan memecahkan masalah"

Apa yang Akan Dipelajari Pada Kursus Daring?

Kursus daring ini akan didasarkan pada metode pengajaran ilmiah dasar yang digunakan untuk mengatasi masalah sehari-hari di lingkungan yang tidak bersahabat seperti Mars. Misalnya, seperti belajar cara membuat air atau oksigen dalam laboratorium.

Deskripsi kelas kursus yang lebih lengkan saat ini belum dirilis, namun para penggagas kursus daring ini mengatakan bahwa aspek yang paling penting dari hidup di Mars adalah dengan menguasai hampir semua disiplin ilmu.

"Tidak hanya bejalar kimia, tidak hanya astronomi, dan tidak hanya fisika. Di Mars, Anda harus tahu sedikit tentang segala sesuatu," kata Lazendic-Galloway. "Kami ingin orang-orang yang ikut belajar dalam kursus daring ini nantinya dapat bertahan hidup di Mars dengan baik dan benar. Koloni pertama manusia di Mars nantinya pasti akan benar-benar berjuang untuk kelangsungan hidup mereka."

Dalam persiapan untuk eksplorasi manusia ke Planet Merah, perusahaan luar angkasa swasta SpaceX telah berencana untuk mengirim pesawat antariksa ke Mars pada tahun 2018, yang diperkirakan akan berawak pada tahun 2022 mendatang.

Sementara itu, Lembaga Antariksa AS (NASA) juga sedang sibuk mempersiapkan misi pendaratan manusia ke Mars untuk tahun 2030 mendatang. Disusul Eropa, Rusia dan bahkan Tiongkok dalam perlombaan antariksa menuju Planet Merah.

Sejauh ini, sudah lebih dari 1.500 orang mendaftar untuk ikut kursus daring yang dijadwalkan untuk dimulai pada akhir Oktober 2016 mendatang. Bagi Anda yang mau ikut, silakan klik di sini.