Uni Emirat Arab Siap Luncurkan Wahana Antariksa ke Mars

Grafis misi perjalanan ke Mars oleh Uni Emirat Arab. Kredit: emm.ae
Info Astronomy - Uni Emirat Arab (UEA) telah merencanakan misi ke Planet Merah pada tahun 2020 bertajuk Emirates Mars Mission. Belum ada bangsa Arab yang meluncurkan wahana antariksa ke luar orbit Bumi sebelumnya, sehingga membuat misi UEA ke Mars ini bakal menjadi batu loncatan besar bagi mereka.

Misi UEA ke Mars ini memiliki tujuan untuk membawa bangsa Arab untuk lebih maju bersama-sama serta memberikan pesan bahwa bangsa Arab juga dapat berinovasi di dunia teknologi dan antariksa.

Wahana antariksa yang bakal dikirim ke Mars oleh UEA bernama 'Hope', wahana antariksa yang bakal diluncurkan ke Mars pada tahun 2020 ini diharapkan dapat menginspirasi anak muda Arab untuk berpikir maju tentang luar angkasa dan ilmu pengetahuan.

Saat ini, wahana antariksa Hope sedang dibangun Mohammed bin Rashid Space Centre (MBRSC) di Dubai, UEA. Pengerjaannya sepenuhnya dilakukan oleh ilmuwan dari bangsa Arab, khususnya dari Uni Emirat Arab tentu saja.

Nantinya, ketika wahana antariksa Hope berhasil memasuki orbit Planet Merah, ia akan mempelajari atmosfer Mars untuk mencari tahu mengapa Mars yang dulunya cukup mirip dengan Bumi tapi sekarang kering dan tak ada satupun kehidupan yang ditemukan di sana.

Wahana antariksa Hope diperkirakan akan menempuh jarak kurang lebih 60 juta kilometer dari Bumi ke Mars, sehingga butuh waktu sekitar 200 hari menuju ke sana. Hope akan mengorbit pada ketinggian orbit sekitar 22.000-44.000 kilometer di atas permukaan Mars. Misinya diproyeksikan bertahan 2 sampai 4 tahun di orbit Mars.

Good luck, UEA!