Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Teleskop Antariksa Hubble Potret Gugus Bintang NGC 4833 yang Cantik

Citra gugus bintang NGC 4833 yang cantik ini merupakan hasil jepretan instrumen Advanced Camera for Surveys (ACS) yang tersemat pada Teleskop Antariksa Hubble. NGC 4833 adalah gugus bintang globular, kumpulan dari ratusan juta bintang yang membentuk struktur mirip bola yang terikat secara gravitasi dan mengorbit sebuah inti galaksi sebagai satelit.
Gugus bintang NGC 4833. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Citra gugus bintang NGC 4833 yang cantik ini merupakan hasil jepretan instrumen Advanced Camera for Surveys (ACS) yang tersemat pada Teleskop Antariksa Hubble. NGC 4833 adalah gugus bintang globular, kumpulan dari ratusan juta bintang yang membentuk struktur mirip bola yang terikat secara gravitasi dan mengorbit sebuah inti galaksi sebagai satelit.

Juga dikenal sebagai ESO 65-SC4, C 105, Lac I-4 maupun GCL 21, gugus bintang globular NGC 4833 terletak pada jarak sekitar 22.000 tahun cahaya dari Bumi kita di rasi bintang Musca. Gugus bintang ini pertama kali ditemukan pada tanggal 17 Maret 1752 oleh astronom Prancis dan Nicolas-Louis de Lacaille.

NGC 4833 berada di daerah berdebu dekat ujung galaksi Bima Sakti dan merupakan salah satu dari sekitar 150 gugus bola yang berada di galaksi kita. Menurut para astronom, gugus bintang seperti NGC 4833 mengandung beberapa bintang tertua yang ada di seluruh galaksi ini.

Mempelajari "benda-benda kuno" seperti ini dapat membantu para ilmuwan untuk mengungkap bagaimana galaksi terbentuk dan berevolusi, dan memberikan gambaran berapa usia galaksi. Teleskop Antariksa Hubble telah mengamati banyak gugus bintang seperti sejak saat mulai beroperasi di orbit Bumi puluhan tahun yang lalu.

Citra gugus bintang NGC 4833 ini terdiri dari pengamatan inframerah dan optik dari instrumen ACS. Hubble menggunakan dua filter khusus, yakni filter V-band F606W dan filter inframerah F814W. Kedua filter ini digunakan untuk mengamati berbagai sampel panjang gelombang pada benda-benda luar angkasa seperti gugus bintang.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.