Satelit LAPAN-A2 Milik Indonesia Kirim Citra dari Luar Angkasa

Ilustrasi satelit LAPAN-A2 di orbit Bumi. Kredit: LAPAN
Info Astronomy - LAPAN-A2 adalah satelit buatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Satelit ini diluncurkan dengan Roket PSLV C-30 dari India, Senin, 28 September 2015. Dan kini, satelit tersebut telah bekerja dengan baik dengan mengirimkan citra Indonesia dan negara tetangga dari luar angkasa.

Satelit ini merupakan suksesor dari satelit buatan LAPAN sebelumnya, yaitu satelit LAPAN-TUBSAT yang dibuat di Jerman. Untuk satelit LAPAN-A2 ini sepenuhnya dibuat di Indonesia, namun tetap menggunakan konsultan dari Jerman.

Satelit LAPAN-A2 membawa instrumen Automatic Identification System (AIS) untuk mengidentifikasi kapal-kapal di perairan Indonesia. Satelit ini juga membawa kamera untuk merekam video dengan pembesaran tiga kali lebih luas dari LAPAN-TUBSAT.

Natuna, Indonesia dipotret satelit LAPAN-A2 dari luar angkasa. Kredit: LAPAN
Menurut informasi yang InfoAstronomy.org himpun dari situs LAPAN.go.id, tujuan utama pembuatan satelit ini adalah untuk mitigasi bencana. LAPAN-A2 ini membawa muatan untuk manajemen bencana. Muatannya berupa sistem radio komunikasi amatir. Struktur satelit dan subsistemnya banyak sama dengan adiknya, yakni Satelit LAPAN-A3 yang belum lama ini juga baru meluncur.

Muatan untuk observasi Bumi dari LAPAN A2 terdiri dari kamera video (Kappa PAL) untuk cakupan radius 80 km lebar tanah dan Kappa HDTV untuk observasi video beresolusi tinggi dengan cakupan dasar 11 x 6 km per frame video.

LAPAN-A2 juga membawa muatan pengulang suara dan repeater APRS untuk komunikasi Organisation for Amateur Radio Indonesia (ORARI) selama bencana. Satelit ini melayang di dekat orbit ekuatorial di 8-10 derajat dekat orbit sirkular. Orbit ini akan membuat satelit mengelilingi Indonesia selama 14 kali dalam sehari.

Satelit LAPAN-A2 merupakan satelit pertama yang murni didesain dan dibuat perekayasa Indonesia menggunakan alat produksi dan fasilitas uji yang juga ada di Indonesia. Satelit ini sebenarnya siap diluncurkan tahun 2012. Namun, karena satelit utamanya, Astrosat (milik India) mengalami masalah, proses peluncuran pun ditunda hingga tiga tahun.

Ingin melihat puluhan citra yang dikirim oleh satelit LAPAN-A2? Klik di sini untuk menuju ke galerinya.
Satelit LAPAN-A2 Milik Indonesia Kirim Citra dari Luar Angkasa Satelit LAPAN-A2 Milik Indonesia Kirim Citra dari Luar Angkasa Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/16/2016 12:13:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.