Mengenal Deneb, Salah Satu Bintang Terjauh yang Dapat Terlihat Mata

Deneb, merupakan salah satu bintang yang paling jauh yang dapat kita lihat dengan mata telanjang, hal ini karena ia juga merupakan salah satu bintang paling terang di galaksi Bima Sakti. Jarak presisi Deneb dari Bumi belum jelas, namun diperkirakan berjarak mulai dari sekitar 1.425 tahun cahaya hingga 7.000 tahun cahaya.
Info Astronomy - Tahukah kamu? Deneb merupakan salah satu bintang paling jauh jaraknya yang dapat kita lihat dengan mata telanjang. Jarak presisi Deneb dari Bumi belum jelas, tetapi diperkirakan berjarak mulai dari sekitar 1.500 hingga 6.000 tahun cahaya.

Walau begitu, seberapa jauh jarak bintang Deneb dari Bumi kita, ketika kamu menatap Deneb di langit malam, kamu sedang memandang ribuan tahun cahaya ke luar angkasa, di mana 1 tahun cahaya setara dengan sekitar 9,4 triliun kilometer!

Deneb juga dikenal sebagai α Cygni (dibaca: Alpha Cygni), nama yang menandakan bahwa ia adalah bintang tercerah di rasi bintangnya, Cygnus. Selain itu, bintang ini juga merupakan bintang tercerah ke-19 di langit malam, dengan magnitudo +1,25.
Deneb dulunya sempat berada dalam kelas bintang deret utama tipe-O. Namun, karena sudah kehabisan hidrogen, ia mulai membakar helium di intinya sebagai bintang super raksasa biru-putih. Dengan kecerahan 60.000 kali dari kecerahan Matahari, bintang ini sekarang diperkirakan memiliki diameter 200 kali diameter Matahari. Suhunya pun sangat panas, mencapai sekitar 8.120 derajat Celcius.

Nama Deneb sendiri berasal dari bahasa Arab, Al Dhanab al Dajajah, yang berarti Ekor Ayam. Nama ini diberikan karena dulunya, pola rasi bintang tempat Deneb berada direpresentasikan sebagai ayam, bukan angsa seperti hari ini, dengan Deneb berada di bagian "ekor" rasi bintang tersebut.

Cara Menemukan Deneb di Langit Malam

Walaupun menjadi bintang paling terang ke-19di langit malam, Deneb adalah salah satu bintang paling terpencil posisinya. Kamu dapat menemukan Deneb mulai pukul 21.00 malam waktu setempat di langit utara selama Juli-Oktober setiap tahunnya.

Fakta Menarik: Bintang Deneb merupakan salah satu Bintang Utara (North Star) jika dilihat dari permukaan planet Mars, bersama dengan Sadr (Gamma Cygni).