Mengenal Deneb, Salah Satu Bintang Terjauh yang Dapat Terlihat Mata

Bintang Deneb. Kredit: Fred Espenak, AstroPixels.com
Info Astronomy - Deneb, merupakan salah satu bintang yang paling jauh yang dapat kita lihat dengan mata telanjang, hal ini karena ia juga merupakan salah satu bintang paling terang di galaksi Bima Sakti. Jarak presisi Deneb dari Bumi belum jelas, namun diperkirakan berjarak mulai dari sekitar 1.425 tahun cahaya hingga 7.000 tahun cahaya.

Walau begitu, berapapun jarak tepatnya bintang Deneb dari Bumi kita, ketika Anda menatap Deneb di langit malam, Anda menyadari bahwa Anda memandang ke jarak ribuan tahun cahaya ke luar angkasa, di mana 1 tahun cahaya setara dengan sekitar 9,4 triliun kilometer.

Deneb juga memiliki nama lain yakni α Cyg/α Cygni/Alpha Cygni. Nama lain tersebut menandakan bahwa Deneb adalah bintang tercerah di rasi bintang Cygnus. Bintang ini merupakan bintang tercerah keduapuluh di langit malam, dengan magnitudo 1,25. Deneb sendiri termasuk dalam kelas bintang maharaksasa.

Ilustrasi perbandingan ukuran bintang Deneb dengan Matahari. Kredit: AstroBob
Bintang Deneb memiliki kecemerlangan 60.000 kali dari Matahari. Berdasarkan temperatur dan kecemerlanganannya, bintang ini diperkirakan memiliki diameter 200 kali diameter Matahari, dan jika diletakkan di tengah Tata Surya kita, maka Deneb akan mencaplok orbit Bumi.

Alpha Cygni alias Deneb merupakan bintang super raksasa biru keputihan dengan tipe A2Ia, dengan temperatur sekitar 8.400 Kelvin dan diperkirakan memiliki siklus hidup yang "pendek" serta akan memasuki tahapan untuk menjadi supernova dalam beberapa juta tahun lagi.

Bintang ini kehilangan 0,8 juta kali massa Matahari per tahun akibat meletupkan angin bintang yang berukuran ratusan ribu kali lebih besar daripada angin surya yang diletupkan Matahari.

Nama Deneb (atau Denebadigege, dan Denebedigege) sendiri merupakan turunan dari kata dalam bahasa Arab, "dhaneb", yang berarti "ekor." Ekor di sini dimaksudkan kepada posisi Deneb yang berada di bagian ekor rasi bintang Cygnus (Angsa).

Cara Menemukan Deneb di Langit Malam

Rasi bintang Cygnus, dengan Deneb di ekornya. Kredit: InfoAstronomy.org/Stellarium
Walaupun menjadi bintang paling terang keduapuluh di langit malam, Deneb adalah salah satu bintang paling terpencil posisinya di bola langit yang dapat terlihat dengan mata kita. Anda dapat menemukan Deneb mulai pukul 21:00 malam waktu setempat di langit Utara selama Juli-Oktober.

Jika Anda kesulitan untuk mencari rasi bintang Cygnus dan menemukan Deneb, Anda bisa mengunduh aplikasi peta langit yang cocok untuk komputer maupun gawai Anda di sini: infoastronomy.org/unduh

Fakta Menarik: Bintang Deneb merupakan salah satu Bintang Utara (North Star) jika dilihat dari permukaan planet Mars, bersama dengan Sadr (Gamma Cygni).
Mengenal Deneb, Salah Satu Bintang Terjauh yang Dapat Terlihat Mata Mengenal Deneb, Salah Satu Bintang Terjauh yang Dapat Terlihat Mata Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/21/2016 01:29:00 PM Rating: 5