Mengenal Bintang-bintang di Rasi Bintang Orion

Rasi bintang Orion. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Orion atau Lintang Waluku, adalah salah satu rasi bintang paling terkenal di langit malam. Kenampakannya yang ditandai dengan tiga bintang yang sejajar membuatnya mudah dikenali. Tahukah Anda ada berapa dan apa saja bintang di rasi bintang Orion?

Rasi bintang Orion merupakan satu dari total 88 rasi bintang resmi yang diakui International Astronomical Union (IAU). Dalam mitologi Yunanti, Orion memiliki arti Sang Pemburu. Di bulan-bulan terakhir tahun 2016 ini, rasi bintang Orion baru muncul saat tengah malam sampai Matahari terbit.

Rasi bintang Orion sendiri memiliki total 13 bintang yang membentuk polanya. Berikut ini adalah senarai bintang-bintang di rasi bintang Orion tersebut:

Rigel (baca: ˈraɪʤəl) atau disebut juga sebagai β Ori / β Orionis / Beta Orionis adalah bintang paling terang di rasi bintang Orion dan bintang paling terang keenam di langit malam dengan magnitudo tampak 0,18. Meskipun memiliki penamaan Bayer "beta", Rigel hampir selalu lebih terang daripada Alpha Orionis (Betelgeuse).

Betelgeuse (baca: ˈbiːtəldʒuːz atau ˈbɛtəldʒuːz) atau disebut juga α Ori / α Orionis / Alpha Orionis adalah bintang yang terletak 427 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini merupakan bintang paling terang kedua di rasi bintang Orion, walaupun bernama "Alpha", dan bintang paling terang kesembilan pada langit malam.

Gamma Orionis (γ Ori / γ Orionis) adalah bintang paling terang ketiga di rasi bintang Orion dan bintang paling terang keduapuluhtujuh di langit malam. Bintang ini berada pada jarak 243 tahun cahaya dari Bumi dan merupakan bintang kelas B2III. Bintang ini bermagnitudo tampak +1,64.

Alnilam atau disebut juga ε Ori / ε Orionis / Epsilon Orionis adalah bintang biru besar di rasi bintang Orion. Bintang ini merupakan bintang paling terang keempat di Orion dan ketigapuluh di langit malam. Bersama dengan Mintaka (Delta Orionis) dan Alnitak (Zeta Orionis), bintang ini membentuk "ikat pinggang Orion", yang sangat terkenal pada kebudayaan kuno. Bintang ini berada di tengah dari ketiga bintang tersebut.

Alnitak atau disebut juga ζ Ori / ζ Orionis / Zeta Orionis adalah sistem tiga bintang yang berada pada jarak 800 tahun cahaya dari Bumi. Bintang Alnitak berada di ujung kiri "ikat pinggang Orion". Komponen utama dari sistem tiga bintang Alnitak ini merupakan bintang maharaksasa biru yang panas dengan magnitudo absolut -5.25, dan merupakan bintang kelas O tercerah di langit malam dengan magnitudo tampak +1,70.

Kappa Orionis (κ Ori / κ Orionis / 53 Orionis) adalah bintang tercerah keenam di rasi bintang Orion. Bintang ini berada pada jarak 720 tahun cahaya dari Bumi dan memiliki massa 15-17 kali Matahari serta memiliki ukuran yang sama dengan Rigel. Bintang ini memiliki suhu 46.000 Fahrenheit dan memiliki magnitudo tampak +2,07.

Mintaka atau disebut juga δ Ori / δ Orionis / Delta Orionis adalah bintang yang berada pada jarak 900 tahun cahaya dari Bumi. Bersama dengan Alnitak dan Alnilam, bintang ini membentuk "ikat pinggang Orion" yang merupakan tiga bintang sejajar tersebut. Mintaka berada di ujung kanan "ikan pinggang Orion."

Iota Orionis (ι Ori / ι Orionis) adalah bintang yang paling terang di area "pedang Orion". Tepatnya berada di ujung "pedang". Bintang ini merupakan sistem empat bintang yang saling mengorbit satu sama lainnya, dan berada pada jarak 1.325 tahun cahaya dari Bumi dengan magnitudo tampak +2,75.

Pi 3 Orionis (π 3 Ori / π 3 Orionis) merupakan bintang katai putih tipe F yang berada pada jarak 26 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini juga bukan bintang tunggal melainkan bintang ganda atau bintang biner. Pi 3 Orionis adalah bintang yang paling terang di "kulit singa" atau "perisai" yang dipegang Orion.

Eta Orionis (η Ori / η Orionis) adalah bintang di rasi bintang Orion yang berada pada jarak 900 tahun cahaya dari Bumi dan merupakan bagian dari "tangan Orion". Eta Orionis berada sedikit di sebelah barat "ikat pinggang Orion", antara Mintaka dan Rigel. Sama seperti Pi 3 Orionis, bintang ini merupakan bintang ganda yang terdiri dari dua bintang biru panas yang saling mengorbit.

Lambda Orionis (λ Ori / λ Orionis), merupakan bintang raksasa biru tipe O dan merupakan bagian dari kelompok bintang Collinder 69. Bintang ini bermagnitudo +3,39 dan berada pada jarak 1.055 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini juga merupakan sistem bintang biner dengan magnitudo tampak pendampingnya +6.

Phi Orionis (φ Ori/ φ Orionis) adalah bintang biner di rasi bintang Orion yang penamaannya dibagi dua, yaitu, φ¹ Orionis dan φ² Orionis. Kedua bintang ini terpisah 0,71° di langit Bumi.

Upsilon Orionis (υ Ori / υ Orionis), merupakan bintang kelas B0V dan bermagnitudo tampak +4,62. Bintang ini berada pada jarak 1.545 tahun cahaya dari Bumi.

Nah, itulah bintang-bintang yang berada pada rasi bintang Orion.

Baca juga: Inilah Fungsi dari Rasi Bintang di Langit Malam
Mengenal Bintang-bintang di Rasi Bintang Orion Mengenal Bintang-bintang di Rasi Bintang Orion Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/30/2016 03:55:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.