Malam Ini Bulan Purnama Muncul Ditemani 5 Planet Tata Surya

Play with the Moon. Kredit: Laurrent Lavender
Info Astronomy - Bulan akan mencapai fase Purnama hari ini, 18 Agustus 2016 pukul 16:28 WIB. Pada saat fase Bulan Purnama, satu-satunya satelit alami milik Bumi tersebut bakal terletak hampir tepat di seberang Matahari di bola langit, membuatnya bisa terlihat sepanjang malam nanti. Bulan pun tidak sendiri, ia ditemani 5 planet Tata Surya.

Pada saat Bulan mencapai fase penuh sore ini, ia akan terletak pada deklinasi -11°31' di rasi bintang Capricornus. Di Indonesia, Bulan Purnama akan terbit pukul 18:00 waktu setempat daerah masing-masing. Jaraknya dari Bumi akan mencapai sekitar 374.000 km.

Bulan Purnama malam ini baru bisa disaksikan setelah kedudukannya lebih tinggi dari 10 derajat di langit, atau sekitar pukul 18:45 waktu setempat. Selanjutnya, Bulan Purnama akan terus bergerak semu ke arah Barat karena Bumi berotasi.

Bulan Purnama akan mencapai titik tertinggi di langit sekitar tengah malam, lalu ia akan nampak siap terbenam di Barat pada pagi hari beberapa menit sebelum Matahari terbit. Dengan begitu, Bulan Purnama terlihat sepanjang malam dari 18-19 Agustus 2016.

Ditemani Lima Planet Tata Surya

Letak Bulan Purnama dan 5 planet Tata Surya senja ini, 18 Agustus 2016. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Pada Agustus ini, lima planet Tata Surya memang nampak jelas terlihat di langit saat senja hingga malam. Dan pada 18 Agustus 2016, Bulan Purnama akan hadir bersama lima planet Tata Surya tersebut. Kelimanya adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus.

Untuk mengamati Bulan Purnama dengan lima planet senja ini (18/8), yang pertama harus dipastikan adalah cuaca yang cerah. Jika langit bersih dari awan, Anda dapat melihat enam objek luar angkasa tersebut bersamaan pada pukul 18:30 waktu setempat.

Pada saat itu, Bulan Purama akan terletak di ufuk Timur, baru saja terbit. Sementara di atas kepala akan ada Mars dan Saturnus yang membentuk formasi segitiga sama kaki dengan bintang terang Antares. Lalu di Barat ada trio planet yang juga membentuk segitiga; Merkurius-Venus-Jupiter.

Kesemua benda langit ini bisa diamati dengan mata telanjang. Namun, dalam pandangan mata, kelima planet hanya akan nampak bagai bintang terang yang cahayanya tidak berkelap-kelip, berbeda dengan bintang sejati lain di sekitarnya. Kalau Anda punya teleskop, ini bisa jadi objek pengamatan yang menarik.

Selamat observasi!
Malam Ini Bulan Purnama Muncul Ditemani 5 Planet Tata Surya Malam Ini Bulan Purnama Muncul Ditemani 5 Planet Tata Surya Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/18/2016 09:06:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.